Proyek Gedung Rawat Inap Jadi Temuan BPK

Direktur RSUD Kecewa dengan PT Gemilang Usaha Alen

Selasa, 18 Agustus 2020 - 14:24 WIB  

Direktur RSUD Kecewa dengan PT Gemilang Usaha Alen


KAMPAR—Gedung baru RSUD Bangkinang yang dikerjakan sejak Juli 2019 lalu, hingga kini belum bisa difungsikan. Banyak hal yang belum dituntaskan kontraktor yakni PT Gemilang Usaha Alen.

“Sampai sekarang gedung tersebut belum bisa difungsikan atau diserahterimakan,” kata Direktur RSUD Bangkinang dr Asmara Fitra Abadi. 

Kondisi ini membuat Asmara Fitra Abdi kecewa dengan kinerja perusahaan tersebut. “Saya sudah beberapa kali menegur pihak perusahaan ini, agar secepatnya menyelesaikan pekerjaan tersebut. Saya berharap agar rumah sakit ini bisa tuntas secepatnya,” ungkapnya, Selasa (18/8).

Proyek ini diketahui menjadi temuan BPK RI, terkait denda keterlambatan senilai Rp414 juta lebih. Hingga kini, Asmara Fitra Abdi mengaku belum melihat bukti pembayaran denda oleh perusahaan pelaksana kegiatan.

“Hal itu sudah saya pertanyakan, juga terhadap PPTK yang mengontrol kegiatan tersebut,” katanya.

Ternyata hasilnya sama. Belum ada tanggapan dari kontraktor pelaksana. “PPTK juga mengatakan sudah beberapa kali menegurnya. Tetapi tidak diacuhkan oleh pihak kontraktor,” jelasnya.

Jika tidak ada iktikad baik, perusahaan tersebut harus diberi sanksi. Akan diusulkan agar masuk dalam daftar hitam. “Hal itu solusi terakhir jika tidak ada itikad baik dari mereka,” ungkapnya.

Dibeberkan Direktur RSUD Bangkinang itu, sisa anggaran dari proyek gedung baru rawat inap RSUD Bangkinang, saat ini hanya tinggal Rp3 miliar lebih dari total Rp46 miliar lebih. “Jadi anggaran yang keluar sesuai audit BPK RI sudah mencapai Rp43 miliar lebih, dengan progres pekerjaan 94 persen,” jelasnya.

Mengenai status gedung ini, menunggu hasil audit dari Inspektorat Kabupaten Kampar. Dari sana bisa melihat dan mempergunakan anggaran yang ada untuk kelanjutannya. 

Terpisah, Kepala Badan Pengelolaan Keungaan dan Aset Daerah (BPKAD) Kampar Edwar yang dikonfirmasi  mengaku akan melihat dan mengecek mengenai denda dari PT Gemilang Usaha Alen terkait pekerjaan RSUD Bangkinang. “Harap sabar, anggota saya akan melihat data-datanya,” ucapnya.
=MX19



Berita Terkait

Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook