Kemen PAN-RB Sebut Pelayanan Publik Pekanbaru Baik, Wako: Jangan Cepat Berpuas Diri

Jumat, 04 September 2020 - 17:37 WIB  
Reporter : Ridho Fernandes
Redaktur : Oce E Satria

Kemen PAN-RB Sebut Pelayanan Publik Pekanbaru Baik, Wako:  Jangan Cepat Berpuas Diri

Wali Kota Pekanbaru Firdaus, didampingi Pj Sekdako Pekanbaru Muhammad Jamil berbincang terkait layanan publik di lingkungan Pemko Pekanbaru.

KORANMX.COM, PEKANBARU -- Deputi Bidang Pelayanan Publik Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemen PAN-RB) Prof Dr Diah Natalisa MBA, melakukan peninjauan pelayanan publik di lingkungan Pemko Pekanbaru, Kamis (3/9/2020).

Dalam tinjauannya, Diah melakukan kunjungan ke Mal Pelayanan Publik (MPP) Pekanbaru. Diah disambut langsung oleh Wali Kota Pekanbaru Dr H Firdaus ST MT, Pj Sekretaris Daerah Kota (Sekdako) Pekanbaru Muhammad Jamil, dan beberapa kepala OPD di lingkungan Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru. 

Ia juga melakukan audiensi dengan Wali Kota Pekanbaru dan jajaran terkait pelayanan publik di lingkungan Pemko Pekanbaru. Diah juga melakukan evaluasi terhadap pelayanan publik di Pekanbaru. 

Dalam kesempatan itu ia juga menyempatkan diri untuk meninjau langsung tenan layanan yang ada di MPP Pekanbaru, mereka juga melihat beberapa layanan yang tersedia di MPP Pekanbaru. 

Rombongan juga berpindah meninjau layanan Disdukcapil yang berada tepat di samping gedung utama di MPP Pekanbaru. Di sela-sela kunjungan Diah juga sempat berbincang dengan warga yang sedang mengakses layanan. 

"Selaku instansi pembinaan pelayanan publik nasional, kami selalu ingin melakukan pendampingan, dan melihat bagaimana implementasi kebijakan serta evaluasi pelayanan yang diberikan Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru, kepada masyarakat," kata Diah usai kunjungan.

Ia menyebut, secara umum MPP Pekanbaru sudah baik. Ia katakan, selain MPP Pekanbaru, Dukcapil juga berkembang jauh dari sebelumnya. Dari segi peningkatan layanan selalu ada yang baru. Dukcapil salah satu layanan dasar Publik yang akan memberikan efek multi player terhadap ragam jenis layanan lainnya.

"Saya suprise Dukcapil selalu ada hal-hal yang baru. Kami sangat berterimakasih ini pelayanan publik dasar untuk administrasi selanjutnya," katanya.

Lanjut Diah, pihaknya selalu menyampaikan kepada jajaran pelayanan publik dan Dukcapil lainnya di Indonesia untuk dapat melihat apa yang telah dilakukan teman-teman pelayanan publik di Pekanbaru.

Dalam evaluasinya Diah juga menyebut, sudah sangat bagus tinggal memberi sentuhan dan memberikan atensi terhadap kebutuhan masyakarat. Misalnya ada ruangan ibu menyusui.

Ditempat yang sama, Walikota Pekanbaru Dr H Firdaus ST MT mengatakan, dari penilaian Kemen PAN-RB bahwa layanan Pemko Pekanbaru melalui Mal Pelayanan Publik secara keseluruhan sudah baik. 

Layanan yang diberikan kepada masyarakat saat ini terpusat dalam satu atap dan satu pintu perizinan. Masyarakat tidak perlu lagi harus berpindah dari satu kantor ke kantor yang lainnya dalam mengurus perizinan. 

Namun, meski sudah dalam kategori baik secara keseluruhan, Firdaus menekankan agar tidak cepat berpuas diri. Pemko Pekanbaru akan terus berupaya memaksimalkan kualitas pelayanan yang ada saat ini. 

"Senantiasa setiap waktu kita terus meningkat kualitas pelayanan, tidak hanya Kuantitas, tetapi juga kualitas. Bagaimana agar meningkatkan kepuasan masyarakat dalam mendapatkan pelayanan," terang Firdaus. 

Ia menuturkan, saat ini sudah banyak asosiasi, instansi swasta maupun vertikal yang ingin bergabung dengan MPP Pekanbaru. Sehingga kedepan nya, dikatakan Firdaus akan ada penambahan ruang atau gedung bagian dari MPP Pekanbaru. 

"Kita Butuh ruangan lebih besar, InsyaAllah kita akan melakukan penambahan kapasitas di tahun 2021. Kita akan perluas MPP dengan menyatukan gedung C di Komplek ini," ungkapnya. 

Firdaus memastikan pihaknya akan terus berbenah dalam bidang pelayanan publik, guna mewujudkan Pekanbaru Smart city madani. (Advetorial)

 

Deputi bidang Pelayanan Publik KemenpPAN RB Diah Natalisa didampingi Wali Kota Pekanbaru Firdaus berbincang dengan salah satu pegawai tenan di MPP Pekanbaru.

 

Deputi bidang Pelayanan Publik KemenPANRB Diah Natalisa didampingi Wali Kota Pekanbaru Firdaus, berbincang dengan seorang warga yang sedang mengakses layanan di MPP Pekanbaru.

 

 

 



Berita Terkait

Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook