Belum Ada Kejelasan Kapan PT SUN Boleh Beroperasi Lagi

Jumat, 07 September 2018 - 15:38 WIB   [133 Klik]

Belum Ada Kejelasan Kapan PT SUN Boleh Beroperasi Lagi

PT SUN yang berada di Desa Sungai Bawang, Kecamatan Singingi.

TELUKKUANTAN—Meskipun tidak memiliki izin, namun PT Sinar Utama Nabati (SUN) tetap berani beroperasi di Desa Sungai Bawang, Kecamatan Singingi.

Terkait hal ini, Camat Singingi Irfansyah ketika dikonfirmasi Pekanbaru MX mengakui bahwa PT SUN memang belum memiliki izin.”Iya, izin limbah tidak ada,” ujar Irfansyah Camat Singingi.

Sebelumnya, limbah ini sempat mengalami kebocoran karena melubernya kolam penampung, akibat hujan lebat. Akibatnya, banyak ikan yang mati di aliran Sungai Singingi. Perkara ini pun dituntut masyarakat. Hasilnya, PT SUN  dilarang beroperasi sementara.

Perusahaan ini, akan berproduksi lagi hingga sampai ada kejelasan dari pihak perusahaan terkait persolan yang disampaikan masyarakat Desa Sungai Bawang.

Ditutupnya PT SUN  untuk sementara  dibenarkan oleh Muhammad Yasin yang merupakan tokoh masyarakat.

“Ya, sampai saat ini PT SUN masih tutup. Karena perwakilan masyarakat Kecamatan Singingi dan Singingi Hilir telah mencapai kata sepakat dengan pihak PT SUN untuk menghentikan operasional pabrik, sampai ada penyelesaian dari pihak berkompeten pihak perusahaan,” kata Muhammad Yasin ketika dikonfirmasi Pekanbaru MX melalui sambungan telpon.

Lebih lanjut dikatakan Yasin, sebenarnya masyarakat tidak anti terhadap perusahaan, artinya mendukung dengan berdirinya perusahaan di sana, akan tetapi pihak perusahaan harus juga menjaga hubungan baik dengan masyarakat, jangan sampai masyarakat merasa dirugikan atau diganggu.

Terutama  pengelolaan limbah dengan baik jangan sampai tumpah ke sungai, bau limbah jangan sampai mengganggu masyarakat sekitar, asap pabrik juga diminimalisir. =MX23



Berita Terkait

Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook