Bayar Sertu dengan Cek Kosong

Kontraktor Ditangkap Setelah 7 Tahun Buron

Kamis, 20 September 2018 - 15:19 WIB   [142 Klik]

Kontraktor Ditangkap Setelah 7 Tahun Buron

Penyidik memeriksa tersangka penipuan yang berhasil ditangkap setelah tujuh tahun buron.

PANGKALANKERINCI—Sat Reskrim Polres Pelalawan menangkap seorang kontraktor berinisial Js alias Ujang (56) di kampungnya Jalan M Syafei, Kelurahan Talang, Kecamatan Payakumbuh Barat, Sumatera Barat (Sumbar), Selasa (18/9) lalu.

Dia ditangkap setelah buron selama 7 tahun atas kasus dugaan penipuan, membayar material pasir batu (sertu) menggunakan cek kosong senilai Rp173 juta kepada Wahidin (34).

Awalnnya Wahidin dan tersangka menjalin kerja sama pada tanggal 29 September 2010 dalam hal pengadaan sertu untuk pengerasan jalan di daerah Pangkalan Panduk, Kecamatan Bunut.

Setelah disepakati harga, material dikirimkan oleh korban ke lokasi proyek yang dikerjakan tersangka. Awalnya pembayaran lancar beberapa kali, tapi setelah tiga ribu kubik sertu dikirim, pembayaran mulai macet.

Tersangka sempat meminta tempo pembayaran hingga termen proyeknya. Setelah jatuh tempo, korban mendatangi pelaku dan mereka bertemu di rumah makan Telago Biru, Pangkalan Kerinci.

Selanjutnya pelaku membayar sisa material yang dipesan dengan dua lembar cek. Tapi ketika korban mencoba mencairkan dua lembar cek di Bank Riau Kepri dengan nilai total Rp173 juta, ternyata saldo tidak cukup. Kemudian korban menghubungi pelaku dan mengakui kalau cek itu tida ada uang di dalam rekeninggnya.

Atas kejadian itu korban merasa telah ditipu, akhirnya menempuh jalur hukum dan melapor ke Polres Pelalawan pada Rabu, 11 Mei 2011.

Kontraktor pengerjaan proyek pengerasan jalan di Pangkalan Panduk itu pun dipanggil penyidik, namun dia tidak hadir. Ternyata dia telah kabur.

Beberapa tahun kemudian, korban mendapat kabar bahwa tersangka  sedang bersembunyi di kampung halamannya di Payakumbuh, Sumbar.

Mendapat informasi itu, Tim Sat Reskrim Polres Pelalawan segera berangkat ke Payakumbuh. Tanpa kesulitan berarti, tersangka pun ditangkap sepulang dari mengantar anaknya ke sekolah.

‘’Karena ada masalah, uang proyek tak cair. Jadi bagaimana saya bisa membayar utang material. Karena terus didesak, maka saya beri cek kosong sambil menunggu jatuh tempo pencairan dari pemilik perusahaan. Saya subkontraktor proyek pengerasan jalan,’’ ungkap kakek empat cucu itu ketika ditemui di Mapolres usai pemeriksaan.

Kapolres Pelalawan AKBP Kaswandi Irwan SIK ketika dikonfirmasi Pekanbaru MX melalui Kasat Reskrim AKP Teddy Ardian SH SIK membenarkan adanya penangkapan buronan tersangka penipuan dengan cek  kosong tersebut.

‘’Kini tersangka telah diamankan untuk menjalani pemeriksaan atas kasus penipuan dengan mengunakan cek kosong yang dilaporkan sejak tahun 2011 silam,’’ ujar Kasat Reskrim. =MX14



Berita Terkait

Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook