Gakkum Odol di Riau Buahkan Hasil

125 Truk "Odol" di Riau Potong Sumbu

Minggu, 04 November 2018 - 03:40 WIB   [943 Klik]

125 Truk "Odol" di Riau Potong Sumbu

Salah satu truk odol yang beroperasi di Riau tampak melakukan pemotongan sumbu di salah satu bengkel di Pekanbaru. [Foto: Zadago]

PEKANBARU- Operasi penegakkan hukum (gakkum) terhadap truk over dimensi dan over loading (Odol) yang dilakukan BPTD Wilayah IV Provinsi Riau dan Kepri mulai membuahkan hasil.

Pasalnya, sebanyak 125 unit truk odol dari tujuh pengusaha angkutan yang ada di Riau melaporkan telah melakukan normalisasi dimensi kendaraan miliknya.

"Alhamdulillah, upaya gakkum odol yang kita lakukan mulai membuahkan hasil," kata Kepala BPTD Wilayah IV Provinsi Riau dan Kepri, S Ajie Panatagama ATD MT kepada koranmx.com, Ahad (4/11).

Hal itu kata Ajie berdasarkan data yang diterima pihaknya dari Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Asosiasi Pengusaha Truk Indonesia (Aptrindo) Provinsi Riau.

"Jumlahnya ada 125 unit yang sudah kita laporkan ke Pak Dirjen dan ini diharapkan terus bertambah," sebutnya.

Dirinya juga sangat mengapresiasi DPD Aptrindo Riau yang telah mendukung pemerintah dalam menertibkan angkutan barang di wilayah kerjanya.

"Kita ucapkan terimakasih kepada Aptrindo Riau yang telah mendukung program pemerintah," ucapnya.

Terpisah, Ketua DPD Aptrindo Provisinsi Riau, Robin Eduar SE MM mengatakan hingga saat ini pengusaha yang ada dibawah kepemimpinannya telah melakukan normalisasi dimensi truk sebanyak 125 unit.

"Ada 125 truk dari tujuh pengusaha angkutan di Riau sudah melakukan normalisasi dimensi dan jumlah ini diharapkan akan terus bertambah," aku Robin.

Adapun pengerjaan yang dilakukan lanjut Robin berupa pemotongan sumbu, bak maupun bumper.

 "Ini perlu waktu mengingat terbatasnya bengkel yang ada," sebutnya.

Robin mengatakan, pihaknya terus melaporkan hal tersebut kepada BPTD Riau - Kepri terkait hasil normalisasi. "Kita terus laporkan secara berkala baik kepada BPTD Wilayah IV dan juga ke Ditjen Perhubungan Darat Kementrian Perhubungan RI," akunya.

Robin menghimbau kepada seluruh anggota Aptrindo Riau agar mendukung program pemerintah dalam menertibkan angkutan khususnya angkutan barang. "Kita imbau kepada seluruh anggota agar mendukung pemerintah dalam upaya penertiban angkutan barang," pungkasnya. ***

 

Liputan : Zadago

Redaktur: Oce  E Satria



Berita Terkait

Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook