Sosialisasi Gakkum Angkutan Umum Penumpang AKAP dan AKDP

BPTD Imbau Penumpang Tak Naik di Luar Terminal

Minggu, 04 November 2018 - 03:59 WIB   [158 Klik]

BPTD Imbau Penumpang Tak Naik di Luar Terminal

Kepala BPTD Ditjenhubdar Kementrian Perhubungan RI Wilayah IV Provinsi Riau dan Kepri, S Ajie Panatagama ATD MT

PEKANBARU - Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Wilayah IV Provinsi Riau-Kepri menghimbau kepada seluruh masyarakat khususnya penumpang bus AKAP dan AKDP agar tidak naik di luar terminal.

Hal itu disampaikan Kepala Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Direktorat Jenderal (Ditjen) Perhubungan Darat Kementrian Perhubungan RI Wilayah IV Provinsi Riau dan Kepri, S Ajie Panatagama ATD MT kepada koranmx.com Ahad (4/11).

"Kita imbau kepada seluruh masyarakat khususnya penumpang bus AKAP dan AKDP agar tidak naik di luar terminal," imbaunya.

Ajie mengatakan pihaknya akan terus melakukan penertiban terhadap seluruh angkutan umum penumpang agar masuk ke dalam terminal."Bus wajib masuk terminal guna memaksimalkan fungsi terminal sebagaimana diatur dalam UU No 22 tahun 2009," sebutnya.

Ajie mengaku masih banyak angkutan umum AKAP dan AKDP yang tidak taat pada aturan pemerintah dan enggan masuk ke dalam terminal.
"Fenomena ini sudah cukup lama terjadi dan sudah saatnya ditertibkan," sebutnya.

"Kita ingin memaksimalkan fungsi terminal di mana tempat menaikkan dan menurunkan penumpang," sambungnya.

Terkait operasi gakkum terhadap angkutan umum penumpang dan barang yang akan segera digelar dalam waktu dekat, Ajie mengatakan pihaknya sedang melakukan persiapan operasi mulai dari pembagian tugas, penempatan personil, titik lokasi, sosialisasi gakkum termasuk mempersiapkan sangsi terhadap angkutan yang tidak taat aturan.

"Kita siapkan semua, termasuk sosialisasi gakkum sebelum operasi dimulai. Kita juga sudah kirim edaran ke seluruh pengusaha angkutan," ucapnya.

Pihaknya juga akan menggelar rapat sosialisasi persiapan gakkum yang rencananya digelar Senin (5/11) esok di terminal BRPS Pekanbaru.

"Besok (hari ini,red) kita gelar rapat gabungan di terminal BRPS melibatkan seluruh unsur terkait," ucapnya.Ditambahkan Ajie, operasi gakkum angkutan umum akan digelar serentak di dua kota, yakni Pekanbaru dan Bangkinang khususnya bus AKAP dan AKDP. "Kita gelar serentak, selama empat hari dijadwalkan pekan depan," pungkas Ajie.***

 
 
Liputan Zadago
Redaktur: Oce E Satria


Berita Terkait

Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook