Sebarkan Berita Penculikan Ibu Muda Diperiksa Polisi

Minggu, 04 November 2018 - 04:19 WIB   [381 Klik]

Sebarkan Berita Penculikan  Ibu Muda Diperiksa Polisi

Petugas memeriksa seorang ibu rumahtangga karena diduga menyebarkan berita hoax tentang penculikan anak di Kota Dumai.

DUMAI--Fe harus berurusan dengan polisi. Wanita 31 tahun itu dipanggil dan diperiksa Polsek Bukit Kapur. Diduga ia menyebarkan berita bohong (hoax) soal penculikan anak di media sosial Facebook.

Warga Jalan Arifin Achmad, Kelurahan Bukit Nenas, Kecamatan Bukit Kapur diperiksa pihak kepolisian pada Jumat (2/11) lalu. Dalam akun Facebook miliknya, ia mengatakan bahwa ada penculikan tiga orang anak di Kelurahan Bagan Besar, Kecamatan Bukit Kapur. Sehingga kabar ini sempat meresahkan warga Dumai.

Selain memposting di dinding Facebook pribadinya, ibu muda ini juga membagikan berita yang belakangan diketahui tidak benar (hoax) tersebut ke sejumlah group media sosial. Khususnya grop-group Facebook di Kota Dumai.

‘’Bagi warga Dumai dan sekitarnya diharapkan lebih waspada lagi terhadap pengawasan anak-anaknya. Penculikan anak sudah sampai ke kota kita. siang ne dibagan besar dan 3 anak yg dculik.. Dumai 1 org.. yang didumai kebetulan anak teman suami.. jadi brita penculikan itu bukan hoak ya... Mdh2n qt ijauhi sr hal yg tdk qt inginkan...Makin galau awk dibuatny..’’ Itulah berita yang dituliskan Fe pada dinding akun Facebook dengan nama Vetny Bunda Dhiwan.

Untuk menjaga situasi kamtibmas yang kondusif, akhirnya pihak Polek Bukit Kapur memanggil Fe. Di hadapan polisi, Fe mengatakan bahwa dirinya memperoleh informasi dari mulut ke mulut pada saat belanja di warung.

Fe juga mengaku tidak mengetahui kalau berita tersebut ternyata bohong. Ia baru menyadarinya setelah berada di Polsek Bukit Kapur. Katanya ia hanya bermaksud untuk mengingatkan teman-temannya di Facebook supaya waspada.

Di hadapan petugas, Fe mengaku menyesal telah meyebarkan berita yang belum pasti kebenarnya tersebut. Katanya ia tidak akan mengulanginya lagi dan postingan berita tersebut sudah dihapus oleh pemilik akun.

Kapolres Dumai AKBP Restika Pardamean Nainggolan ketika dikonfirmasi Pekanbaru MX melalui Kapolsek Bukit Kapur AKP Tumara, membenarkan adanya pemanggilan dan pemeriksaan pemilik akun Facebook atas nama Vetny Bunda Dhiwan tersebut.

‘’Pemilik akun atas nama Vety Bunda Dhiwan adalah seorang ibu rumah tangga berinisial Fe dan sudah kita proses dan meminta keterangan terhadapnya. Dimana ia juga kita minta untuk membuat pernyataan di atas materai untuk tidak lagi mengulangi perbuatannya tersebut,’’ ujar Kapolsek singkat. =MX15



Berita Terkait

Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook