Penyelidikan Eksploitasi Pasir dan Tunggakan Royalti

Direktur PT Tri Mar Theo Diperiksa Jaksa

Senin, 05 November 2018 - 03:13 WIB   [147 Klik]

Direktur PT Tri Mar Theo Diperiksa Jaksa

Romdhon (kemeja ungu), Direktur PT Tri Mar Theo usai menjalani pemeriksaan di Kejati Riau.

PEKANBARU—Kejaksaan Tinggi (Kejati) Riau melakukan pemeriksaan terhadap Direktur PT Tri Mar Theo, Romdhon Fachrudin, Senin (5/11).

Pemeriksaan terhadap sang direktur itu diketahui terkait penyelidikan dugaan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) pada kegiatan dregging/eksploitasi pasir laut secara ilegal di perairan Rupat Utara, Kabupaten Bengkalis, serta tunggakan royalti penambangan pasir laut.

Terkait dengan pemeriksaan itu, dibenarkan oleh Kepala Seksi (Kasi) Penerangan Hukum (Penkum) dan Hubungan Masyarakat (Humas) Kejati Riau, Muspidauan SH MH saat dikonfirmasi Pekanbaru MX. ‘’Benar, tapi dalam rangka penyelidikan,’’ ucapnya.

Terkait dengan penyelidikan itu, mantan Kasi Perdata dan Tata Usaha Negara (Datun) Kejaksaan Negeri (Kejari) Pekanbaru ini, belum mau menjelaskan perkara tersebut secara rinci.

‘’Ini masih proses penyelidikan. Jadi belum bisa kita jelaskan (perkaranya),’’ ujarnya.

‘’Nanti kalau semua sudah jelas, kita beritahu kok. Sabar saja dulu,’’ sambungnya.

Sementara itu, Romdhon disela-sela pemeriksaan sempat ditemui awak media. Kepada awak media, Romdhon tidak mau berkomentar. Dirinya hanya mengatakan tidak ada apa-apa. ‘’Tidak ada apa-apa,’’ singkatnya sambil berjalan.

Dijelaskan juga, dalam pemberitaan sebelumnya, Penyelidik sudah melakukan pemeriksaan terhadap pihak-pihak terkait yang berhubungan dengan kegiatan tersebut.

Beberapa orang diantaranya, yakni mantan Kelapa Dinas ESDM, Abdul Lafiz, Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PMPTSP) Provinsi Riau,

Eva Revita dan mantan Kepala Bidang (Kabid) Pengembang Perdagangan di Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagperin) Kabupaten Bengkalis, Burhanuddin, yang kini menjabat sebagai Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindaq) Kepulauan Riau.

Pengusutan dugaan korupsi ini, berdasarkan surat perintah penyelidikan Kepala Kejati Riau, Uung Abdul Syakur SH MH, dengan Nomor: PRINT-14/N.4/Fd.1/09/2018 tanggal 25 September 2018.

Berdasarkan informasi yang dirangkum Pekanbaru MX, dugaan korupsi korupsi kegiatan dregging/ eksploitasi pasir laut secara ilegal itu dilakukan oleh PT Global Jaya Maritimindo.

Sedangkan tunggakan royalti penambangan pasir laut tersebut, terhadap PT Tri Mar Theo. =MX10



Berita Terkait

Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook