Mantan Kades dan Sekdes Ditangkap

Selasa, 06 November 2018 - 03:02 WIB   [106 Klik]

Mantan Kades dan Sekdes Ditangkap

Tersangka dugaan korupsi pengelolaan anggaran pembangunan desa senilai Rp309 juta diperiksa sebelum dilakukan penahanan.

INHIL—Darmadi (48) harus mendekam dalam sel tahanan Mapolres Indragiri Hilir (Inhil). Mantan Kepala Desa (Kades) Panglima Raja, Kecamatan Concong itu ditangkap dalam kasus dugaan korupsi dengan kerugian negara Rp309 juta, Senin (13/11) siang.

Dalam kasus ini, Darmadi tak sendirian diringkus. Melainkan bersama Syahril (51) yang kala itu menjabat sebagai Sekretaris Desa (Sekdes) Panglima Raja. Diduga ia ikut menikmati uang ratusan juga tersebut.

Kasat Reskrim Polres Inhil AKP Indra Lamhot Sihombing SIK saat dikonfirmasi mengatakan, tersangka ditahan dalam perkara dugaan tindak pidana korupsi pengelolaan Anggaran Pembangunan Desa pada APBDesa Panglima Raja tahun 2015. Kini kasusnya masih dalam penyidikan.

‘’Dari hasil audit BPKP Perwakilan Provinsi Riau, kerugian negara sebesar Rp309.589.335,’’ katanya.

Sebelum ditetapkan menjadi tersangka, Darmadi dan Syahril sudah beberapa bulan belakangan menjalani pemeriksaan. ‘’Setelah dinyatakan bersalah,  kedua tersangka baru Senin (5/11) semalam kita tahan,’’ sambung Kasat.

Saat dijebloskan ke sel tahanan, keduanya dinyatakan dalam kondisi sehat. Pemeriksaan kesehatan dilakukan personel Dokkes Polres Inhil.

"Kedua tersangka dalam keadaan sehat. Kini sudah berada di sel tahanan. Selama kegiatan, situasi aman dan terkendali,’’ sebut Kasat.

Dalam perkara ini, kedua tersangka dijerat dengan Pasal 2 ayat 1 dan atau Pasal 3 UU RI No 31 Tahun 1999 Jo UU RI No 20 Tahun 2001 Tentang pemberantasan tindak pidana korupsi. Dalam waktu dekat, berkasnya akan diserahkan ke pihak kejaksaan. =MX22



Berita Terkait

Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook