Ditangkap Bawa Sabu 16 Kilo

Kabur dari Lapas Bengkalis, Terancam Mati di Malaysia

Jumat, 09 November 2018 - 04:20 WIB   [43 Klik]

Kabur dari Lapas Bengkalis,  Terancam Mati di Malaysia


PEKANBARU—Lolos dari Lembaga Pemasyarakatan Kelas II A Bengkalis, sejak tahun 2017 lalu, petualangan Mohammad Azizie berakhir. Ia berhasil ditangkap Polisi Diraja Malaysia. Kasusnya sama, yakni penyelundupan narkoba jenis sabu.

Oleh Polisi Diraja Malaysia, Mohammad Azizie diamankan di Bukit Aman, Malaysia. Penangkapannya dilakukan sekita tiga pekan yang lalu.

‘’Sesuai koordinasi kita dengan Polisi Diraja Malaysia, Mohammad Azizie bin Abdul Hamid diamankan saat membawa 16 kilogram sabu,’’ ungkap Direktur Reserse Narkoba Polda Riau Kombes Pol Hariono, Jumat (9/11).

Polda Riau, lanjut Hariono, sudah melakukan upaya koordinasi dengan pihak Malaysia untuk membongkar jaringannya di wilayah Provinsi Riau. Sebagain jaringannya sudah ditangkap.

Tertangkapnya Azizie, Polda Riau sempat berkoordinasi dengan pihak Malaysia agar dia dibawa ke Indonesia untuk melanjutkan proses masa penahanannya.

‘’Peraturan di Malaysia, untuk hukuman barang bukti sabu di atas 50 gram adalah hukuman mati. Akan tetapi, karena Azizie barang bukti sabunya seberat 16 kilogram. Kita pilih dia diadili pihak Polisi Diraja  Malaysia dengan hukuman mati,’’ ungkap Hariono.

Proses kaburnya Mohammad Azizie dari Lapas Klas II A Bengkalis itu diduga adanya peran serta orang dalam.

Kala itu, ia berpura-pura mengambil makanan dari pintu utama Lapas.  ‘’Dia kabur diduga difasilitasi sipir Lapas,’’ imbuhnya.

Karena terbukti berperan serta, kemudian tiga sipir tersebut dituntut melakukan pengeluaran napi secara tidak sah. Mereka juga diminta membuat pernyataan terbuka kepada atasannya.

‘’Dalam pemeriksaan, mereka mengakui menerima sesuatu (uang),’’ kata Hariono.

Ketiga petugas itu adalah Safriandi, Sucipto, dan Beri Kunari Zawan. Bandar narkoba memiliki kewarganegaraan Malaysia itu kabur dari Lapas pada Kamis, 16 November 2017 lalu sekitar pukul 23.00 WIB.

Mohammad Azizie ini merupakan narapidana narkotika yang diganjar Pasal 112 ayat (1) Jo 111 ayat (1) UU No 35 tahun 2009. Ia divonis 15 tahun penjara oleh Pengadilan Negeri Bengkalis. Ia sudah sempat menjalani hukuman sekitar tiga tahun.  =MX9



Berita Terkait

Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook