Rumah Terendam Banjir, Jenazah Dibawa Pakai Sampan

Jumat, 09 November 2018 - 04:45 WIB   [58 Klik]

Rumah Terendam Banjir, Jenazah Dibawa Pakai Sampan

Jenazah warga Kuantan Tenang dibawa dengan menggunakan sampan menuju tempat pemakaman umum.

INHU--Di tengah dilanda musibah banjir, seorang warga di Desa Kuantan Tenang, Kecamatan Rakit Kulim, Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) meninggal dunia. Jenazahnya terpaksa dibawa dengan perahu untuk dimakamkan di daerah yang tak tergenang air.

Lima hari sudah Desa Kuantan Tenang, Kecamatan Rakit Kulim, Kabupaten Inhu terendam banjir. Wilayah ini yang paling parah akibat luapan Sungai Indragiri.

Menurut keterangan Kepala Desa (Kades) Kuantan Tenang, Idham Khalid total rumah yang terendam mencapai 350 unit. Ini ada di empat dusun.

“Secara keseluruhan ada 350 rumah yang terendam di empat dusun dari lima dusun yang ada di Desa Kuantan Tenang,” ungkap Idham.

Empat dusun tersebut berada di dataran rendah. Satu dusun lagi berada di dataran tinggi. Rata-rata ketinggian air yang merendam Desa Kuantan Tenang diperkirakan mulai sepaha hingga setinggi leher orang dewasa. Akibatnya warga tidak bisa melakukan aktivitas sehari-hari.

Meski tidak ada warga yang mengungsi, namun untuk keluar rumah warga harus menggunakan sampan. Faktanya, tidak semua warga di Desa Kuantan Tenang memiliki sampan.

“Kami sangat butuh sampan, karena memang tidak bisa pakai kendaraan roda dua atau roda empat lagi. Untuk mengangkut jenazah saja kemarin terpaksa pakai sampan,” Jelasnya.

Warga yang meninggal dunia itu adalah Harun Lubis. Jenazahnya dimakamkan di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Desa Kuantan Tenang, Rabu (7/11) kemarin.

Selain itu, stok sembako di warung juga tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan seluruh warga. Sehingga warga Desa Kuantan Tenang sangat membutuhkan bantuan sembako dan perahu karet.

Lokasi persawahan di Desa Kuantan Tenang juga ikut terendam. Totalnya 30 hektar lahan yang baru ditanam dipastikan mati akibat terendam banjir. Sehingga masyatakat kehilangan mata pencaharian.

Idham juga berkata hingga saat ini belum ada bantuan yang datang dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Inhu untuk warga Desa Kuantan Tenang.

“Ada bantuan yang datang kemarin dari perusahaan. Kalau dari Pemkab belum ada,” tutupnya. ***



Berita Terkait

Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook