Usut Dugaan Korupsi BLBI

KPK Tetap Kejar Konglomerat Syamsul Nursalim dan Istri

Selasa, 13 November 2018 - 17:17 WIB   [41 Klik]

KPK Tetap Kejar Konglomerat Syamsul Nursalim dan Istri

Bos PT Gajah Tunggal, Syamsul Nursalim dan Istri, Itjih, dua kali mangkir dari panggilan KPK [foto:internet]

JAKARTA - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akan tetap mengusut  konglomerat Syamsul Nursalim dalam kasus dugaan korupsi penerbitan Surat Keterangan Lunas (SKL) Bantuan Likuiditas Bank Indonesia (BLBI). Meski Nursalim dan istri diketahui dua kali mangkir dari panggilan KPK.

Hal itu disampaikan Kabiro Humas KPK Febri Diansyah kepada wartawan di Gedung KPK,  Kuningan,  Jakarta Selatan,  Selasa (13/11/2018). Syamsul Nursalim adalah pemegang sahan Bank Dagang Nasional Indonesia (BDNI), penerima BLBI.

"Cukup banyak saksi yang sudah kami mintakan keterangan, analisis terhadap fakta persidangan juga sedang dilakukan karena untuk terdakwa SAT sendiri sudah cukup jelas beberapa peran-peran pihak lain yang disebutkan di sana," beber Febri.

Persidangan dengan terdakwa Kepala Badan Penyehatan Perbankan Nasional (BPPN) Syafruddin Arsyad Temenggung secara jelas mengungkap peran-peran para pihak yang terlibat dalam kasus ini, termasuk peran Sjamsul yang juga bos PT Gajah Tunggal.

KPK akan menganalisis dan mengkaji berbagai bukti dan fakta-fakta persidangan tersebut untuk menentukan proses hukum selanjutnya kasus ini. Termasuk mempertimbangkan memanggil kembali Sjamsul dan Itjih atau langkah hukum lainnya.

"Nanti kami informasikan lagi apakah akan dilakukan pemanggilan ketiga misalnya dalam penyelidikan ini atau hal-hal lain pendalaman bukti nanti baru bisa disampaikan,"  tanda Febri.

Febri mengingatkan Sjamsul dan Itjih (istrinya Syamsul)  agar kooperatif dengan memenuhi panggilan KPK.

"Dengan memenuhi panggilan, Sjamsul dan Itjih dapat membantah atau mengklarifikasi berbagai bukti dan fakta persidangan mengenai peran mereka dalam korupsi BLBI," pungkas Febridiansyah. ***


Editor. : Oce E Satria

 



Berita Terkait

Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook