Benarkah Ngopi Bisa Melindungi Otak?

Kamis, 22 November 2018 - 01:38 WIB   [41 Klik]
Redaktur : Oce E Satria

Benarkah Ngopi Bisa Melindungi Otak?


KORANMX.COM -- Kopi adalah salah satu minuman favorit penduduk dunia. Jutaan penduduk dunia minum kopi setiap hari.

Pilihan sebagian besar penduduk dunia ini tidak salah karena kopi selain enak diminum juga memiliki manfaat bagi tubuh. Salah satu manfaat kopi bagi tubuh menurut penelitian terbaru adalah memiliki kemampuan melindungi otak dari penyakit.


Kopi dan otak

Manfaat kafein bagi otak sebenarnya sudah diketahui sejak lama. Kafein merupakan stimulan sistem saraf pusat yang efeknya antara lain dapat meningkatkan konsentrasi, kewaspadaan, kemampuan memahami sesuatu, kemampuan bereaksi terhadap sesuatu kejadian dan memperbaiki mood.

Beberapa penelitian juga berhasil menyimpulkan manfaat kopi bagi daya ingat, terutama kemampuan daya ingat jangka pendek. Sayangnya hasil ini belum sepenuhnya dapat diterima karena ada beberapa penelitian yang menyimpulkan sebaliknya. Hanya ada satu penelitian yang menyimpulkan kafein memiliki kemampuan memperbaiki daya ingat jangka panjang, meskipun penelitian ini masih memerlukan penelitian tambahan untuk memberi hasil yang lebih meyakinkan.

Dan kini, penelitian terbaru tentang kafein berhasil menyimpulkan manfaat kafein untuk menurunkan risiko penyakit Alzheimer dan Parkinson.

Hubungan kafein, otak, penyakit Alzheiner dan Parkinson

Sebelumnya telah ada penelitian yang membuktikan manfaat kopi untuk menurunkan risiko penyakit Alzheimer dan Parkinson. Misalnya ada salah satu penelitian yang mengatakan, minum tiga sampai lima cangkir kopi setiap hari dapat menurunkan risiko Alzheimer dan Demensia sampai 65%. Namun, dalam penelitian ini tidak disebutkan dengan pasti kandungan pada kopi yang memiliki kemampuan tersebut, apakah kafein, antioksidan atau yang lainnya. 

Ada juga penelitian yang yang menyebutkan, minum tiga cangkir kopi setiap hari dapat menurunkan risiko Parkinson dan dalam penelitian ini, kafein dianggap memiliki kontribusi terhadap penurunan risiko tersebut.

Dalam penelitian terbaru yang dilakukan oleh para ahli dari Krembil Brain Institute menyimpulkan, kopi memberikan perlindungan terhadap penyakit Alzheimer dan Parkinson. Jadi, penelitian terbaru ini menyimpulkan perlindungan kopi terhadap kedua penyakit sekaligus. Penelitian ini menggunakan tiga jenis kopi sebagai bahan eksperimen, yaitu light roast, dark roast dan dark roast dekafein.


Para ahli berhasil mengidentifikasi zat phenylindanes yang dihasilkan saat proses pembuatan kopi. Phenylindanes memiliki kemampuan menghambat protein yang bertanggungjawab terhadap proses terjadinya penyakit Alzheimer dan Parkinson. Karena proses pembakaran berpengaruh pada jumlah phenylindanes yang dihasilkan maka kopi jenis dark roast memiliki efek perlindungan yang lebih besar.

 

Sumber: Blogdokter



Berita Terkait

Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook