Sukses Terbitkan Buku Karya Bersama Orangtua, Guru, dan Anak

Literasi di PAUD Quantum Kids 3 Pekanbaru Diapresiasi Kemendikbud

Jumat, 30 November 2018 - 11:37 WIB   [94 Klik]
Reporter : Oce E Satria
Redaktur : Oce E Satria

Literasi di  PAUD Quantum Kids 3 Pekanbaru Diapresiasi Kemendikbud

Kegiatan literasi dalam rangka gerakan Nasional Baca Buku (Gernas Baku) di PAUD Quantum Kids 3 Pekanbaru. [Foto: Oce/MX]

KORANMX.COM, Pekanbaru -- Gerakan Nasional Baca Buku (Gernas Baku) melibatkan banyak elemen masyarakat termasuk sekolah-sekolah.Gerakan ini dicanangkan secara nasional oleh Kemendikbud  serentak di Indonesia pada 5 Mei 2018.

Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) adalah salah satunya dan menjadi penting karena budaya membaca sejatinya harus dikenalkan sejak usia dini. Kelompok Bermain (KB)  PAUD Quantum Kid's 3 Pekanbaru merupakan salah satu kelompok bermain di Riau yang mendulang apresiasi tingkat nasional dalam Gernas Baku ini. Tercatat pada Gernas Baku yang perlombaannya dimulai Februari 2018 lalu, KB Quantum Kid's 3 Pekanbaru menjadi satu dari 120 sekolah yang diapresiasi pada tingkat nasional. Ke-200 sekolah itu bersaing dengan 2.000 sekolah lainnya. Tentu saja prestasi KB Quantum Kid's 3 Pekanbaru patut diacungi jempol.

Menurut Kepala Sekolah KB Quantum Kid's 3 Pekanbaru, Farida Nasri, kegiatan lomba Gernas Baku menjadi kebangaan bagi dirinya bersama majelis guru dan pihak orangtua yang ikut terlibat. Terutama karena keterlibatan orangtua yang sangat mendukung suksesnya Gernas Baku di sekolah ini. Program literasi ini memang melibatkan para orangtua baik di sekolah maupun di rumah. Tujuannya selain menumbuhkan minat baca terutama di kalangan anak, bagi orangtua sekaligus menjadi media untuk menjadi semakin lebih dekat dengan anak. Kendati demikian untuk membuat orangtua benar-benar memahami pentingnya literasi bagi anak, mereka juga mengikuti lebih dulu parenting mengenai literasi.

Bagaimana PAUD Quantum Kid's 3 Pekanbaru mampu meraih apresiasi dalam Gernas baku ini hingga ke tingkat nasional? Kepala Sekolah PAUD Quantum Kid's 3 Pekanbaru, Farida Nasri menceritakan bagaimana sekolah ini memulainya.

"Ikut lomba Gernas Baku mulai Februari, Maret sosialisasi, dan April pelaksanaan," ujarnya saat ditemui koranmx.com.

Dipaparkannya, literasi di PAUD Quantum Kid's 3 diawali dengan kegiatan sosialisasi, kemudian kegiatan orangtua membacakan buku dengan menyediakan gerai pustaka PAUD Quantum Kid's 3 dan mendatangkan mobil pustaka keliling.

"Dilanjutkan dengan pembuatan pohon literasi, dimana orangtua bisa mencatat buku yang sudah dibaca bersama dengan anak yang dilakukan ruang terbuka," ungkapnya.

Kegiatan bersama baca buku tersebut lalu dilanjutkan pada tahap berikutnya. Orangtua membacakan buku tempat umum. Pihaknya bekerja sama dengan Gloriel dan dilaksanakan di mall SKA. Kegiatan diisi dengan panggung gembira, menari, games, pengetahuan tentang buku, membacakan buku bersama, dan menghias kue.

"Di akhir acara setiap anak mendapatkan goody bag berisikan buku AKU INGIN TAHU MENGAPA," ucap Farida Nasri.

 

Rangkaian selanjutnya dari Gernas Baku ini, pihaknya menggelar kegiatan parenting bagi orangtua. PAUD Quantum Kid's 3 mendatangkan narasumber yakni Hj. Aida Malikha SPsi MPsi. Melalui kegiatan parenting ini orangtua diedukasi tentang manfaat membacakan buku sebagai upaya mengembangkan literasi emergen pada anak. Selama hampir dua jam pembahasan dan diskusi tentang ini berlangsung dan diikuti dengan antusias oleh orangtua.

"Kegiatan juga diisi dengan berbagai tampilan dari anak anak PAUD. Ada yang bernyanyi, menari, dan membawakan pantun pendidikan," sebut Bu Ida, begitu ia akrab disapa.

"Kegiatan dilanjutkan dengan kunjungan ke rumah anak anak untuk melihat pelaksanaan pojok baca di rumah. Hal ini juga melihat kendala yang dihadapi oleh para orangtua dalam membacakan buku di rumah," sambungnya.

Untuk Pojok Baca sendiri, PAUD Quantum Kid's 3 yang sudah terakreditasi A ini mendapat hadiah Pojok baca dari Bank Indonesia Cabang Pekanbaru. Di Pojok Baca ini anak dapat membaca berbagai buku sepuasnya.

Hasil dari kerja keras menggerakkan anak dan orangtua dalam program literasi ini akhirnya tidak saja sukses membangkitkan minat dan budaya membaca, tetapi juga menelurkan minat menulis. Sebuah buku kumpulan cerita pendek setebal 260 halaman lahir dari sekolah ini. Buku berjudul "Di Bawah Kaki Pelangi" ini diterbitkan Juli 2018 lalu, karya dari 64 orangtua, guru dan anak-anak. Sebuah pencapaian yang hebat. ***


 Foto-Foto: Berbagai kegiatan parenting dan literasi dalam rangka Gernas Baku di PAUD Quantum Kid's 3 Pekanbaru



Berita Terkait

Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook