Kades : Prestasi Sekaligus Tantangan

Kundur Raih Penghargaan Desa Terbaik

Senin, 03 Desember 2018 - 16:03 WIB   [72 Klik]

Kundur Raih Penghargaan Desa Terbaik

Kepala Desa Kundur, Kecamatan Tebingtinggi Barat, Kepulauan Meranti Miswanto bersama Wabup Meranti Said Hasyim, dalam acara penyerahan penghargaan desa terbaik.

MERANTI--Desa Kundur, Kecamatan Tebingtinggi Barat, Kepulauan Meranti, Riau dinobatkan sebagai juara I desa terbaik tingkat nasional kategori Prakarsa dan Inovasi Desa tahun 2018, berkat inovasinya berhasil mengolah air gambut menjadi air layak minum.

“Alhamdulillah, ini berkat kerja keras dan doa kita bersama. Penghargaan tingkat nasional berhasil kami persembahkan untuk masyarakat, khususnya di Desa Kundur,” ungkap Pj Kepala Desa Kundur Miswanto, kemarin.

Prestasi tersebut, kata Miswanto, menjadi tantangan baru bagi Pemerintah Desa Kundur untuk tetap bekerja keras mempertahankan serta menjadikan Desa Kundur lebih baik lagi kedepan.

“Satu sisi ini adalah kebanggan buat kami, telah berhasil dalam berkompetisi tingkat nasional, sisi lain ini merupakan tanggung jawab besar yang harus kami jaga,” ujar dia.

Menurutnya, pemberian penghargaan dari Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Republik Indonesia itu hendaknya membuat desa berpacu, bukan hanya Desa Kundur tetapi hendaknya semua desa di Kepulauan Meranti.

“Saya pernah bilang ke rekan-rekan kepala desa, semua desa di Meranti itu terbaik, mungkin kesempatannya saja, untuk tahun ini Desa Kundur, tahun depan bisa saja desa-desa lain,” kata Miswanto.

Sejauh ini, semua program pembangunan di Desa Kundur selaras dengan keinginan masyarakat.

Meskipun pemerintah desa punya program-program tersendiri, usulan dari masyarakat tetap menjadi prioritas, sehingga apapun yang diusulkan akan dianggarkan dan disesuaikan dengan kebutuhan.

“Kebetulan, antara keinginan dan program yang ada di Desa Kundur itu nyambung,” tukasnya.

Penghargaan sebagai desa terbaik nasional kategori Prakarsa dan Inovasi Desa tahun 2018 diserahkan langsung oleh Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Republik Indonesia Eko Putro Sanjoyo, kepada Kades Kundur Miswanto dan Wakil Bupati Kepulauan Meranti Drs H Said Hasyim, di Hotel Sultan Residence, Jakarta, Kamis (29/11).

Said Hasyim mengucapkan apresiasi kepada semua pihak, khususnya Kepala Desa Kundur dan jajaran yang telah berhasil memanfaatkan Dana Desa (DD) untuk menjalankan program prioritas guna memenuhi kebutuhan dasar masyarakat akan air bersih layak minum, mengingat Kepulauan Meranti yang notabene kawasan gambut sehingga sulit mendapatkan air berkualitas.

“Ini merupakan inovasi yang kreatif dan sangat berguna bagi masyarakat Meranti khususnya warga Desa Kundur,” ucap Said.

Apa yang dilakukan oleh Kepala Desa Kundur itu, menurutnya telah sejalan dengan komitmen pemerintah daerah yang terus mendorong pemanfaatan dana desa agar lebih bermanfaat dan berdaya guna bagi masyarakat.

Selanjutnya dia berharap, prestasi yang diraih oleh Desa Kundur di kancah nasional tersebut bisa diikuti oleh desa-desa lainnya di Kepulauan Meranti. “Semoga prestasi yang diraih Desa Kundur mampu memotivasi desa lainnya untuk bisa mengikuti dan mengambangkannya lagi menjadi lebih baik,” harap Said.***



Berita Terkait

Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook