Sisa Jabatan 9 Bulan Lagi

DPRD Bongkar Pasang Susunan Kelengkapan

Selasa, 04 Desember 2018 - 15:39 WIB   [14 Klik]

DPRD Bongkar Pasang Susunan Kelengkapan


PEKANBARU--Di sisa jabatan anggota DPRD Pekanbaru periode 2014-2019 yang tinggal hanya sekitar 9 bulan lagi, bongkar pasang susunan keanggotaan alat kelengkapan dewan malah dilakukan. Salah satu perubahan tersebut, terjadi pada struktur keanggotaan Komisi IV DPRD Pekanbaru yang kini diketuai oleh Ida Yulita Susanti.

DPRD Pekanbaru menggelar rapat paripurna penetapan perubahan susunan keanggotaan alat kelengkapan dewan, Senin (3/11) sore lalu. Rapat ini dipimpin oleh Ketua DPRD Pekanbaru Sahril, dihadiri Sekdako Pekanbaru M Noer serta sejumlah kepala OPD dan pejabat eselon 3 di lingkungan Pemko Pekanbaru.

Perubahan besar-besaran terhadap keanggotaan Komisi IV DPRD Pekanbaru tersebut dinilai wajar, demi penyegaran kinerja anggota DPRD Pekanbaru, meski hanya tersisa sekitar 9 bulan lagi. Berikut, daftar nama Ketua dan anggota komisi DPRD Pekanbaru yang baru, hasil rotasi akhir tahun.

Komisi I DPRD Pekanbaru
Hotman Sitompul (Ketua) Nasrudin Nasution (Wakil Ketua) Alizar (Sekretaris) Roni Amriel (Anggota) Pangkat Purba (Anggota) Tarmizi Akhmad (Anggota) Tarmizi Muhammad (Anggota) Suprianto (Anggota) Wan Agusti (Anggota) Ali Suseno (Anggota).

Komisi II DPRD Pekanbaru
Tengku Azwendi Fajri (Ketua) Mulyadi (Wakil Ketua) Dapot Sinaga (Sekretaris) Desi Susanti (Anggota) Yurni (Anggota) Yose Saputra (Anggota) Fatullah (Anggota) Kudus Kurniawan (Anggota) Zulkarnain SAg (Anggota) Yusrizal (Anggota).

Komisi III DPRD Pekanbaru
Zulfan Hafiz (Ketua) Marlis Kasim (Wakil Ketua) Aidil Amri (Sekretaris) Herry Pribasuki (Anggota) Arbi (Anggota) Dian Sukheri (Anggota) Herwan Nasri (Anggota) Sri Rubiyanti (Anggota) Darnil (Anggota) Samsul Bahri (Anggota).

Komisi IV DPRD Pekanbaru
Ida Yulita Susanti (Ketua) Zainal Arifin (Wakil Ketua) Ferry Shandra Pardede (Sekretaris) Masni Ernawati (Anggota) Nofrizal (Anggota) Dasman Efendi (Anggota) Heri Setiawan (Anggota) Ruslan Tarigan (Anggota) Zaidir Albaiza (Anggota) Fikri Wahyudi (Anggota) M Isa Lahamid (Anggota) Zulkarnain SE (Anggota).

Dalam rolling komisi kali ini, jabatan Ketua Komisi IV DPRD Pekanbaru kini dipercayakan kepada Ida Yulita Susanti yang sebelumnya menduduki jabatan Wakil Ketua Komisi I DPRD Pekanbaru. Sementara itu, Roni Amriel yang dulunya merupakan Ketua Komisi IV kini pindah ke Komisi I DPRD Pekanbaru sebagai anggota komisi.

Ketua DPRD Pekanbaru, Sahril mengatakan, meski pelaksanaan rolling komisi sempat menuai pro dan kontra di kalalang wakil rakyat, namun semua hal tersebut sudah diatur dalam tata tertib dewan.

Penempatan anggota dewan dalam struktur alat kelengkapan baik itu di Komisi, Badan Anggaran dan Badan Kehormatan serta Badan Legislasi, sepenuhnya merupakan hasil rekomendasi dari masing-masing partai politik bukan kewenangan Ketua dan Wakil Ketua DPRD Pekanbaru.

‘’Dalam rotasi atau rolling komisi di kalangan wakil rakyat kali ini, tidak ada unsur lain karena hal tersebut murni untuk penyegaran. Pasalnya selama 4 tahun terakhir, tidak ada rotasi yang dilakukan padahal aturan dalam tata tertib dewan hanya boleh 2,5 tahun saja. Ini sudah over dosis, udah terlalu lama, sekali-kali mereka di rolling demi penyegaran dan azas keadilan,’’ ungkap Sahril.

Senada dengan Sahril, Sekretaris Daerah Kota (Sekdako) Pekanbaru M Noer juga menganggap bahwa rotasi yang dilakukan merupakan sebuah hal yang wajar demi perbaikan kinerja ke depan.

M Noer menilai, rolling komisi yang dilakukan bisa membawa semangat baru bagi kalangan wakil rakyat, terlebih lagi dengan hadirnya sebanyak 4 orang PAW anggota dewan jelang akhir bulan November lalu.

‘’Semoga dengan rolling komisi ini, bisa memberikan semangat baru di kalangan anggota dewan. Rotasi atau rolling komisi ini, kan sama halnya dengan mutasi dikalangan ASN Pemko Pekanbaru. Jadi ada penyegaran, biar lebih semangat dalam bekerja,’’ papar M Noer.

Dalam kesempatan kali ini, juga dilakukan pengesahan Perda Penetapan Tenaga Kerja Lokal, Perda Bantuan Hukum bagi Masyarakat Tidak Mampu serta Perda Penyelenggaraan Perpustakaan.

Dewan berharap, dengan telah disahkan ketiga Perda tersebut semoga dapat segera disosialisasikan ke tengah-tengah masyarakat sebelum nantinya diterapkan. ***



Berita Terkait

Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook