DPRD Setuju Gaji Honorer dan ASN Naik Tahun Depan

Selasa, 04 Desember 2018 - 15:59 WIB   [26 Klik]

DPRD Setuju Gaji Honorer  dan ASN Naik Tahun Depan

Ketua DPRD Siak Indra Gunawan didampingi Wakil Ketua Hendri Pangaribuan dan Sutarno menerima dokumen APBD dari Wakil Bupati Siak Alfedri dalam sidang paripurna, beberapa waktu lalu.

SIAK—Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Siak telah menyetujui kenaikan gaji honorer dan ASN pada tahun 2019. Untuk honorer, kenaikan diperkirakan mencapai 25 persen atau naik Rp20 miliar lebih dibanding dari anggaran honorer di tahun 2018. Sementara untuk ASN, gaji naik 5 persen dan tunjangan kinerja naik 10 persen atau bertambah Rp16 miliar lebih dibanding anggaran ASN tahun 2018.

Kabar gembira tersebut disampaikan anggota DPRD Siak Syamsurizal kemarin di Siak.

Namun kata dia, untuk honorer, yang dinaikkan hanya untuk tenaga honorer non pendidikan. Ini karena gaji honorer pendidikan di tahun 2018 tetap stabil dan tidak ada pemotongan. Sementara honorer non pendidikan sempat kena pemotongan.

Demikian juga gaji dan tunjangan ASN ini karena sebelumnya kedua item itu sempat dipotong.

“Intinya, ini mengembalikan gaji mereka ke semula. Makanya yang tidak sempat dipotong, ya tidak dinaikkan,” ungkapnya.

Menurut pria yang akrab disapa Budi ini, naiknya gaji honorer itu tidak terlepas dari naiknya APBD Siak di tahun 2019 dan meningkatnya pendapatan daerah serta dana bagi hasil pusat.

Politisi Demokrat ini berharap, kenaikan gaji ini kian meningkatkan etos kerja para honorer maupun ASN di Siak serta  memberi dampak pada peningkatan perekonomian masyarakat.

“Dengan normalnya kembali gaji, diharapkan daya beli juga normal lagi, syukur bisa meningkat sehingga perekonomian Siak juga terus menggeliat. Makanya kita imbau uang tersebut agar dibelanjakan di Siak juga,” ulasnya.

Naiknya gaji, imbuhnya, juga dapat meringankan beban untuk menyekolahkan anak-anak mereka dan memenuhi kebutuhan lainnya. =MX16



Berita Terkait

Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook