NasDem Tolak Teken Pakta Integritas KPK

Selasa, 04 Desember 2018 - 17:58 WIB   [42 Klik]
Redaktur : Oce E Satria

NasDem Tolak Teken Pakta Integritas KPK


KORANMX.COM, Jakarta - Partai NasDem menolak menandatangani pakta integritas ihwal diseminasi sistem integrasi partai politik yang disodorkan oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) di Hari Anti-Korupsi se-dunia di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan pada Selasa, (4/12/2018).

Penandatanganan itu diikuti oleh para pimpinan parpol didampingi pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Perwakilan partai yang hadir adalah PAN, Gerindra, PDIP, Golkar, Hanura, PKB, Demokrat, PPP, PKPI, Nasdem, Garuda, Demokrat, Berkarya, Perindo, dan PSI. Sementara PKS dan PBB tak terlihat menghadiri kegiatan penandatanganan kesepakatan ini.

Juru Bicara KPK Febri Diansyah mengatakan, dua parpol yang tidak datang tetap  mendukung SIPP tersebut. Sebab, kedua parpol telah mendukung komitmen ini pada pertemuan dengan KPK sebelumnya.

Partai NasDem melalui Sekjennya, Johnny G Plate mengatakan, partainya menolak tanda tangan karena menganggap pakta integritas karena hanya pencitraan saja.

"Kami menerapkan politik tanpa mahar, menolak dana saksi, rekrutmen partai berjenjang, dan sebagainya," ujar Johnny.

NasDem, kata Johnny, hanya setuju dengan sistem integritas yang subtansif yang diklaimnya   sudah dilaksanakan selama ini.

Ada empat poin integritas yang ditandangani pimpinan partai politik. Keempat poin integritas parpol tersebut yakni menghasilkan calon pemimpin berintegritas, meminimalkan risiko korupsi politik dan penyalahgunaan kekuasaan, instrumen kepatuhan SIPP, dan menghasilkan tata kelola keuangan yang akuntabel. ***



Berita Terkait

Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook