Zaidir Albaiza SH MH: Pedagang Harus Diback up Jika Ingin Mereka Bertahan di Pasar Higienis

Rabu, 05 Desember 2018 - 11:38 WIB   [365 Klik]
Redaktur : Oce E Satria

Zaidir Albaiza SH MH:  Pedagang Harus Diback up Jika Ingin Mereka Bertahan di Pasar Higienis

Zaidir Albaiza SH MH saat berkunjung ke tengah warga untuk menyerap aspirasi yang berkemebang. [Foto: Ist]

KORANMX.COM, Pekanbaru -- Pemerintah Kota Pekanbaru memindahkan sebanyak 400 pedagang kaki lima (PKL) yang menempati badan jalan di Pasar Kodim ke Pasar Higienis, Selasa (4/12/2018).

"Mulai Selasa subuh tadi empat badan Jalan Alamuddinsyah, Teratai, Seroja, dan Ahmad Yani sudah bersih dari PKL," kata Kepala Satpol PP Pekanbaru Agus Pramono.

Baca juga  400 Pedagang Pindah ke Pasar Higienis

Agus Pramono menjelaskan penertiban PKL sejauh ini berjalan lancar dan terkendali, di mana pedagang yang biasa berjualan di badan empat jalan tersebut berangsur masuk berjualan di Pasar Higenis yang jaraknya tidak jauh dari lokasi awal.

Sebelumnya Dinas Perindustrian dan Perdagangan (DPP) Kota Pekanbaru mengklaim saat ini Pasar Higienis tersebut sudah siap untuk menampung pedagang.

“Sudah kami persiapkan semua sarana pendukung nya seperti air dan listrik. Jadi jika selama ini pedagang menolak pindah karena air dan listrik tidak ada, sekarang tidak bisa lagi beralasan seperti itu,” katanya.

Ketua Fraksi PKB DPRD Kota Pekanbaru, Zaidir Albaiza SH MH memberikan apresiasi atas pemindahan tersebut. Namun ia mengingatkan, pedagang belum tentu akan mau bertahan di Pasar Higienis tersebut. Alasannya, kata mantan Ketua Badan Legislatif DPRD Pekanbaru ini, pedagang membutuhkan transaksi yang stabil di tempat yang baru. Jika hal itu tidak mereka dapatkan mereka tentu akan kembali ke lokasi lama.

"Sebuah pasar itu membutuhkan kondisi yang stabil untuk berjualan. Ada kebiasaan, ada budaya yang hidup di pasar tersebut, baik bagi pedagang maupun masyarakat yang datang. Karena itu pasar dan pedagang ini perlu dibina. Pasarnya harus dipromosikan terus menerus oleh Pemko," tuturnya kepada koranmx.com.

Politisi yang akan melaju ke DPRD Provinsi Riau untuk Dapil Pekanbaru di Pileg mendatang ini meyakinkan bahwa pedagang kecil tak bisa dibiarkan hidup sendiri jika ingin terus berkembang maju.

"Pedagang itu perlu diback up oleh pemerintah. Apakah itu dengan dana, kemudahan kredit dan sebagainya. Juga Pemko kalau perlu mengambil kebijakan menggratiskan sampai waktu tertentu. Setelah ramai dan stabil baru dipungut sewa," saran politisi yang bangga dengan latar belakang dirinya sebagai mantan pedagang pasar ini.

 "Saya ini dulu pedagang pasar. Jadi paham apa yang diinginkan pedagang," pungkas sosok yang juga dipercaya sebagai  Ketua DPC PKB Kota Pekanbaru ini.  ***

Zaidir Albaiza SH MH disela-sela tugasnya sebagai anggota DPRD Kota Pekanbaru masih sering menyempatkan diri

datang ke pasar tradisional. Zaidir di salah satu los ikan di salah satu Pasar Pekanbarau.



Berita Terkait

Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook