Kapal Mitra Abadi Disegel, Nakhoda Tak Ditahan

Rabu, 05 Desember 2018 - 17:05 WIB   [130 Klik]

Kapal Mitra Abadi Disegel, Nakhoda Tak Ditahan


PEKANBARU—Kapal Mitra Abadi, tangkapan Bea dan Cukai Pekanbaru masih bersandar di Pelabuhan Bambu Kuning, Jalan Tanjung Batu, Kecamatan Lima Puluh, Pekanbaru. Diduga bermuatan 5.000 karung pakaian bekas ilegal.

‘’Kalau sesuai manifes, kapal itu asal Batam,’’ ungkap Tengku Fika, selaku Kepala Penindakan Bea dan Cukai Pekanbaru ketika dikonfirmasi Pekanbaru MX, Rabu (5/12) siang.

Nakhoda Kapal Mitra Abadi berinisial SD asal Pekanbaru masih menjalani pemeriksaan. Namun, menurut Fika, yang bersangkutan tidak dilakukan penahanan.

‘’SD hanya kita periksa tidak kita lakukan penahanan,’’ ujar Fika.

Mengenai kapal, sebut Fika, masih disegel. Hal ini dilakukan untuk kepentingan penelitian pihaknya. Bahkan, ia belum bisa menentukan barang tersebut adalah ilegal. Alasannya masih melakukan penelitian.

Penelitian itu, lanjut Fika, pihaknya tidak memberikan batas waktu. Katanya bertujuan untuk mengetahui asal barang, asal kapal dan kondisi barang.

‘’Jika barang itu bekas, baru akan kita lakukan penelitian mendalam,’’ ungkapnya.

Saat ini proses penelitian dilakukan dengan cara uji laboratorium. Fika tak menampik, terkait pelabuhan itu sering dilakukan penyelundupan. Katanya mereka sudah melakukan penyegelan.

Fika juga belum dapat memastikan total pakaian yang dibawa Kapal Mitra Abadi tersebut. ‘’Saya belum tahu total muatannya. Yang jelas kita bereskan dulu semua di lokasi. Nanti barulah kita ketahui setelah dihitung petugas, ‘’ kata Fika.

Ia juga menegaskan tidak mengetaui adanya barang-barang yang sudah diturunkan terlebih dahulu. ‘’Soal itu saya tidak tahu,’’ pungkasnya.

Penyelundupan barang-barang diduga ilegal melalui Pelabuhan Bambu Kuning sudah sering terjadi. Dimana pada 2012 lalu, kapal motor bermuatan ban traktor dan ban truk asal Cina diamankan pihak Unit I Subdit Bidang Industri Perdagangan Ditreskrimsus Polda Riau.

Polresta Pekanbaru juga mengamankan kapal yang diduga membawa barang elektronik selundupan. Terakhir, Kapal Mitra Abadi yang diduga membawa pakaian bekas. =Mx9



Berita Terkait

Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook