PBSI Riau gelar seleksi wasit

Riau Kurang Wasit Bulu Tangkis

Minggu, 23 Desember 2018 - 01:13 WIB   [71 Klik]
Redaktur : Raja Mirza

Riau Kurang Wasit Bulu Tangkis

Kabid TWR PBSI Riau, Imrizal (dua dari kanan) berfoto bersama peserta seleksi wasit

 

KORANMX.COM, PEKANBARU - Sebanyak 47 peserta se kabupaten/kota di Riau mengikuti seleksi wasit level D. Bertempat di Gelanggang Remaja Pekanbaru, 22-23 Desember 2018.

Kepala Bidang Turnament, Wasit dan Refree (TWR), Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI) Provinsi Riau, Imrizal mengatakan seleksi dan ujian wasit ini sengaja dilakukan guna menambah jumlah wasit di Riau yang dinilai masih sangat kurang. 

"Tujuannya untuk menambah jumlah wasit yang tidak seimbang dengan jumlah atlit yang ada di Riau," sebut Imrizal saat dikonfirmasi koranmx.com Ahad (23/12/2018). 

Kemudian kata dia, sampai saat ini Riau memiliki sekitar 1.600 atlit bulu tangkis yang masuk dalam Sistim Informasi (SI) PBSI Provins Riau. Sementara jumlah wasit yang terdaftar di SI PBSI Riau hanya sekitar 56 orang. 

"Jumlah ini sangat kurang, idealnya Riau memiliki 100 orang lebih wasit bulu tangkis," ucap Imrizal. 

Imrizal menjelaskan, seleksi wasit yang diadakan saat ini merupakan seleksi wasit level D, yakni wasit di tingkat daerah kabupaten/kota. "Level wasit ini berjenjang, mulai level D untuk daerah kabupaten/kota, kemudian level C untuk tingkat provinsi dan seterusnya, level B untuk level nasional dan A untuk level Asia, " terangnya. 

Nantinya kata dia kelulusan tes ini akan ditentukan melalui nilai score yang diperoleh masing-masing peserta dengan standar minimal 75. "Kelulusan minimal score 75," katanya. 

Pihaknya mengaku akan terus melakukan penggemblengan wasit di Riau, mulai dari level daerah hingga Nasional bahkan Internasional. Hal ini dilakukan dalam rangka menciptakan kualitas wasit yang baik hingga level yang lebih tinggi. 

"Tahun depan, 2019 kita akan melakukan seleksi dan ujian wasit level C yang dijadwalkan sekitar bulan Maret dan mutlak mengantongi sertifikat wasit level D," ucapnya. 

Ditambahkannya, animo peserta pada seleksi kali ini cukup tinggi dan melebihi dari target yang ditetapkan panitia. Bahkan ada berberapa peserta dari luar provinsi seperti Jambi, Sumbar dan Kepri yang berminat mengikuti seleksi ini. "Animo cukup tinggi, seleksi wasit level D ini hanya dibuka untuk peserta yang berdomisili di Riau, " pungkasnya. (*) 

 

 

 



Berita Terkait

Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook