Surprise Ada Aplikasi Hebat Rumah Juara

SDS IT Mutiara Duri Sukses Taja Workshop K-13 dan Aplikasi Rapor Berbasis Smartphone

Sabtu, 22 Desember 2018 - 17:46 WIB   [328 Klik]
Reporter : Oce E Satria
Redaktur : Oce E Satria

SDS IT Mutiara Duri Sukses Taja Workshop  K-13 dan Aplikasi Rapor Berbasis Smartphone


KORANMX.COM, DURI - SDS IT Mutiara Duri, Kecamatan Pinggir, Kabupaten Bengkalis, Riau, Sabtu (22/12/2018) sukses menggelar Workshop K-13 dan Aplikasi Rapor Berbasis Smartphone dan Multimedia. Workshop yang diikuti 70-an guru tersebut sengaja mendatangkan Instruktur Nasional Agung Ade Yulianto SPd MM.

Kepala Sekolah SDS IT Mutiara Duri, Ahmad Syarwani, SPd dalam pengantarnya menyambut baik dengan ditajanya workshop K-13, apalagi dengan mendatangkan Instruktur kelas nasional yang sudah sangat berpengalaman. Ia berharap setelah mengikuti workshop, semua guru akan lebih meningkat kualitas mengajarnya serta pada akhirnya akan memberi manfaat untuk kemajuan siswa.

SDS IT Mutiara Duri merupakan pionir Sekolah Dasar Islam Terpadu di Sumatera dan termasuk dari 5 pionir di tingkat nasional. Meski saat ini sekolah ini termasuk sekolah yang sudah sangat lengkap fasilitasnya, namun untuk men-charge kemampuan para guru, SDS IT Mutiara Duri tetap berupaya pro aktif mengembangkan diri termasuk dengan menggelar kegiatan workshop ini.

Kegiatan tersebut digelar dalam dua sesi. Sesi pertama dimulai pukul 08.00 WIB di ruang Perpustakaan. Di sini para guru diperkenalkan dengan aplikasi Rumah Juara yang saat ini tengah trend dan menjadi kebutuhan para guru sekolah dasar di seluruh Indonesia. Aplikasi Rumah Juara adalah aplikasi multimedia yang memberikan layanan lengkap kebutuhan guru kelas satu sampai enam, baik bahan ajar sesuai Kurikulum 2013, 50.000 bank soal lengkap dengan kunci jawaban (hanya untuk guru), media interaktif, dan berbagai fitur lengkap lainnya untuk membantu proses pembelajaran.

"Aplikasi ini gratis diperuntukkan bagi guru dan dapat digunakan hanya melalui smartphone android. Untuk memulainya aplikasi ini harus didownload melalui  Google Play Store. Dan untuk dapat menggunakannya, setiap guru harus mendaftarkan diri dengan user name dan email masing-masing," papar Agung.

Terlihat semua peserta sangat antusias mengikuti workshop. Kehadiran aplikasi Rumah Juara dianggap sebagai inovasi spektakuler di bidang pendidikan khususnya untuk membantu proses pembelajaran. Dengan menggunakan aplikasi ini akan meringkas banyak waktu guru dan memudahkan pekerjaan.

Ade Agung Yulianto mengaku sangat mengapresiasi antusiasme yang ditunjukkan  para guru. "Saya senang, ternyata para peserta sangat puas, terbukti mereka sangat antusias dan merasakan manfaat dari inovasi ini," ungkap Agung, sapaan akrab pakar pendidikan ini kepada koranmx.com.

Ade Agung Yulianto didampingi dua instruktur lain, Fitri SPd dan Emi ST yang membantu menjelaskan bagaimana penggunaan aplikasi. Agung hingga saat ini sudah berkeliling sejumlah provinsi memberikan pelatihan dan menginspari para guru untuk menjadi guru yang lebih hebat lagi.

Sesi pertama tuntas menjelang Adzan Dzuhur. Usai melaksanakan isoma (istirahat, shalat, makan) workshop kembali dilanjutkan. Kali ini panitia membagi peserta menjadi dua kelompok dan ditempatkan di dua ruangan. Workshop ini menjelaskan penggunaan Aplikasi Rapor berbasis multimedia. Dengan aplikasi karya Agung Ade Yulianto ini, pekerjaan pengisian rapor tidak lagi secara manual dan merepotkan selama ini yang dilakukan para guru. Tapi dengan aplikasi rapor ini, pengisian rapor bisa dilakukan dengan sangat cepat, lengkap, dan sesuai dengan apa yang diinginkan. bahkan guru juga bisa mengisi rapor melalui smartphone dan langsung mem-print.

"Semuanya serba otomatis. Anda tak perlu lagi misalnya memakai kalkulator untuk menghitung kalkulasi nilai anak, menulis KD, dan segala macamnya berkaitan dengan content rapor anak," jelas Agung.

Sesi ini pun berjalan semarak dan lumayan heboh, lantaran saking antusiasnya para guru. "Kami senang, Aplikasi ini bener-bener hebat dan sangat mudah kita pakai. Efisien," ungkap salah seorang guru.

"Insyaallah dengan Rumah Juara dan Aplikasi Rapor ini akan membuat kita bersemangat lagi mengajarnya," sambungnya.

Sesi berakhir pada pukul 16.00 WIB, meski para guru banyak yang masih penasaran. Rasa puas juga disampaikan Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum, Zelnadi SAg yang juga menjadi Ketua Penyelenggara acara. Ia berharap dalam waktu dekat dapat kembali menghadirkan Agung Ade Yulianto ke SDS IT Mutiara Duri.

"Terimakasih, mudah-mudahan acara ini sangat bermanfaat bagi guru," kata Pak Zel, demikian ia akrab disapa. ***

Kepala Sekolah Ahmad Syarwani, SPd saat membuka Workshop K-13 berbasis multimedia.

Antusias peserta mengikuti workshop di bawah bimbingan instruktur Agung Ade Yulianto


Berita Terkait

Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook