Exploring Amazing Kampar & Historical Muara Takus Temple

Kamis, 03 Januari 2019 - 15:12 WIB   [275 Klik]
Redaktur : Oce E Satria

Exploring Amazing Kampar & Historical Muara Takus Temple


SABTU 29 Desember 2018, Komunitas Sepeda Touring KPR (Komunitas Pindah Rumah) bersama Palala Cycling & Travelling kembali melakukan touring sepeda jarak jauh. Kali ini memancang rute dari Pekanbaru ke Danau Kuari dan Candi Muara Takus, di Kecamatan VIII Koto, Kabupaten Kampar sejauh 135 kilometer yang ditempuh pulang pergi.

Kabupaten Kampar merupakan destinasi wisata alam yang sedang menggeliat menyapa para traveller. Disamping menyuguhkan alam yang eksotis, Kampar juga menyimpan kekayaan wisata sejarah yakni situs Candi Muara Takus. Candi ini  merupakan candi Budha yang diperkirakan dibangun pada abad ke-4 M.

Touring ke Kampar ini dikoordinir oleh Syaiful dan Efendi Muis  dengan 9 orang peserta. Mereka berasal dari berbagai kalangan yang coba mengisi waktu liburan akhir tahunnya dengan cara yang berbeda: penuh tantangan. Tak ada kesan liburan mewah, nyaman dan bermanja manja. Namun semua peserta sangat menikmati liburan adventure bersepeda jarak jauh ini, meskipun tidur seadanya di alam terbuka. Satu hal lagi yang didapat dari kegiatan ini adalah kentalnya rasa keakraban yang terjalin selama menjalani touring.

Salah seorang petouring wanita, biasa kami sapa Mbak Neni Saleh,  bersama suaminya Mas Hery mengungkapkan kesannya. Ia mengaku sangat terkesan dengan keindahan alam Danau Kuari, meskipun masih terlihat sampah yang berserakan di sekitar danau,

"Membuat sedikit kurang nyaman," sesal Mbak Neni.

Petouring lainnya yang akrab kami sapa Om Dindin menyampaikan kesan serupa. Ia melihat  fasiltas pendukung seperti toilet, air dan fasiltas lainnya  seperti kurang menjadi perhatian Pemerintah, khususnya Dinas Pariwisata Kabupaten serta Propinsi. Padahal Destinasi Wisata Candi Muara Takus saat ini terus ramai dan menjadi piilihan para pelancong.

"Semoga kedepannya  pemerintah dapat memperhatikannya," harapnya.

Banyak hal yg dapat disyukuri selama melakukan touring jarak jauh ini. Meskipun harus mengalami susahnya makan, tidur, kepanasan dan lainnya. Namun semuanya bisa terlewati dan dinikmati. Mensyukuri atas semua nikmat yang kita dapatkan dari Sang Khaliq, bahwa betapa besarnya karuniaNya yang kita nikmati, terkadang kita lupa untuk mensyukurinya.

Bagi penyuka suasana alam dengan tantangan yang berbeda, dapat ikut bergabung di Komunitas Sepeda Touring ini. Anda  dapat menghubungi melalui pesan-panggil WhatsApp:

Efendi Muis 08127557447 atau
Palala Cycling & Travelling: 082157811028 dan
email: gsyaiful@gmail.com

Salam Touring!

 


 




Berita Terkait

Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook