SDS IT Mutiara Duri Kembali Gelar Workshop Aplikasi Rapor K-13

Rabu, 02 Januari 2019 - 20:08 WIB   [182 Klik]
Redaktur : Oce E Satria

SDS IT Mutiara Duri Kembali Gelar Workshop Aplikasi Rapor K-13

Kepala Sekolah Ahmad Syarwani SPd, Waka Bid Kurikulum Zelnadi SAg, Trainer Agung Ade Yulianto SPd MM foto bersama dengan seluruh peserta Workshop.

KORANMX.COM, DURI - Setelah sukses dengan sesi pertama, Desember 2018 lalu, SDS IT Mutiara Duri kembali menggelar Workshop Aplikasi Rapor K-13 Berbasis Multimedia. Acara yang diikuti seluruh guru tersebut berlangsung di Gedung Serbaguna/Hall SIT Mutiara YPIT Duri, Rabu (2/1/2019).

Workshop kali ini kembali menghadirkan Trainer Nasional  K-13, Agung Ade Yulianto SPd MM dan tim Rumah Juara Indonesia - Riau.  Khusus sesi ini peserta diberikan pendalaman dan praktek pengisian rapor dengan menggunakan aplikasi multimedia yang sangat praktis , akurat, dan hemat waktu.

Membuka workshop, Kepala Sekolah Ahmad Syarwani SPd mengungkapkan apresiasinya pada antusiasme para guru dalam upaya meningkatkan kemampuan teknis administrasi pendidikan sekolah dasar dan men-gup grade pengetahuan berkait multimedia.

"Kita harapkan dengan workshop ini kemampuan para guru semakin meningkat," harap Kepala Sekolah.

Untuk pendalaman dan aplikasi rapor kali ini trainer Agung Ade Yulianto menjelaskan secara gamblang bagaimana menggunkanan aplikasi rapor berbasis multi media dengan praktis.

Aplikasi rapor berbasir multimedia ini memungkinkan guru mengerjakan pengisian rapor secara cepat, akurat, otomatis, dan praktis.

Satu persatu item yang ada dalam aplikasi dijelaskan maksud, fungsi, dan praktek pengisian nilai anak. Seluruh mata pelajaran termasuk muatan lokal atau pelajaran spesifik yang diterapkan SDS IT Mutiara mendapat penguraian secara detail.

Yang menarik, dalam aplikasi rapor ini juga tersedia 5 kolom untuk muatan sekolah (Musek) sesuai kebutuhan sekolah pengguna aplikasi. Untuk SDS IT Mutiara Duri sendiri telah ditambahkan 5 kolom.
SDS IT Mutiara menambahkan 4 muatan sekolah: Bahasa Arab, Alquran, Tahfiz, dan Tahsin.

Agung Ade Yulianto menyampaikan materi dengan metode presentasi yang cair dan mudah dipahami. Ia menyampaikan kiat-kiat khusus dalam kepraktisan pengisian rapor dengan tetap mengacu pada ketentuan.

Terlihat antusiasme para guru mengikuti workshop, apalagi pelatihan dengan interaktif membuat pemahaman menjadi lebih cepat. Dengan laptop masing-masing aplikasi rapor langsung dipraktekkan.

Menurut penilaian Agung, dari beberpa sekolah yang ia datangi, SDS IT Mutiara Duri termasuk sekolah yang memiliki guru dengan tingkat pemahaman pada multimedia yang baik. Hal itu terlihat dari kemampuan para peserta workshop yang cepat memahami.

"Para guru di sini sudah sangat melek teknologi, jadi cepat klik dengan apa yang saya sampaikan. Saya juga apresiasi antusiasme mereka. Bayangkan, padahal mereka baru saja kembali dari libur dan  sampai di Duri semalam bahkan subuh tadi, tapi semangat mereka luarbiasa!" tutur pria kelahiran Magelang ini. Agung didampingi dua instruktur yakni Fitri, SPd dan Emy.

Seperti disampaikan Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum, Zelnadi, SAg, semangat guru-guru SDS IT Mutiara Duri dalam mengikuti workshop ini harus diapresiasi.  "Mudah-mudahan ilmu yang didapat selama workshop ini dapat membantu kerja guru," kata Zelnadi di depan peserta.

Workshop yang dimulai sejak pukul 08.00 WIB ini berakhir pada pukul 16.30 WIB. ***



Berita Terkait

Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook