Terjadi di kedalaman 247 KM

Gempa 3,9 SR Guncang Kampar, BMKG: Tak Berdampak ke Permukaan

Sabtu, 05 Januari 2019 - 00:00 WIB   [408 Klik]
Redaktur : Raja Mirza

Gempa 3,9 SR Guncang Kampar, BMKG: Tak Berdampak ke Permukaan

Lokasi titik gempa, (Foto: BMKG)

 

KORANMX.COM, PEKANBARU- Gempa bumi dengan kekuatan rendah yakni 3,9 Skala Richter (SR) terjadi di Bangkinang, Kampar, Riau, Sabtu (5/1/2019) pagi. 

Meski dampaknya tidak dirasakan masyarakat Bangkinang sekitarnya dan Riau pada umumnya, namun informasi gempa tersebut sempat beredar luas di sosial media yang mengundang tanya sebagian besar warga. 

Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Pekanbaru, Sukisno saat dikonfirmasi koranmx.com melalui Kasi Data dan Informasi, Marzuki membenarkan adanya kejadian itu. 

"Benar, tapi tidak begitu berdampak ke permukaan," kata Marzuki saat dikonfirmasi koranmx.com melalui telepon selulernya, Sabtu (5/1/2019) siang. 

Dirinya mengaku mengetahui adanya kejadian itu setelah menghubungi pihak BMKG Pusat di Jakarta. "Kita belum menerima laporan, tahu nya setelah berkoordinasi dengan BMKG Pusat, " akunya. 

Kemudian kata dia titik gempa dengan kekuatan 3,9 SR itu berada pada 0.54 LU, 100.86 BT (28 Km Barat Laut Bangkinang, Riau) dan berada pada kedalaman 247 KM dari permukaan tanah. 

"Kekuatannya rendah dan titik gempa sangat dalam yakni di kedalaman 247 KM jadi gempa seperti ini tidak tergolong gempa yang merusak sampai ke permukaan dan sama sekali tidak dirasakan oleh masyarakat, " ucapnya. 

Lanjut Marzuki, untuk gempa semacam ini (di bawah 5 SR) pihaknya harus melakukan koordinasi dengan BMKG Pusat, Jakarta karena tidak berdampak sampai ke permukaan. 

"Biasanya gempa yang dirasakan hingga ke permukaan dan berdampak pada kerusakan bangunan adalah gempa dengan kedalaman yang dangkal, biasanya di kedalaman 33 sampai 10 KM," terangnya. 

"Untuk info update nya bisa dilihat di aplikasi info bmkg atau web bmkg," pungkas Marzuki. (***) 

 

 

 

 

 

 

 



Berita Terkait

Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook