Digelar di Taman Rekreasi Alam Mayang

Temu Kangen Paguyuban Ciayumajakuning Riau Berlangsung Hangat

Minggu, 06 Januari 2019 - 00:00 WIB   [133 Klik]
Redaktur : Raja Mirza

Temu Kangen Paguyuban Ciayumajakuning Riau  Berlangsung Hangat

Ketua IKB Paguyuban Ciayumajakuning Provinsi Riau, Dr H Iwantono MSc berfoto bersama pengurus di lokasi acara

KORANMX.COM, PEKANBARU- Suasana hangat dan penuh keakraban tampak menghiasi helat temu kangen paguyuban masyarakat asal Cirebon, Indramayu, Majalengka dan Kuningan (Ciayumajakuning) Provinsi Riau, berlangsung di taman rekreasi Alam Mayang, Ahad (6/1/2019) pagi. 

Lantunan ayat suci Al-Quran megawali helat bertemakan "dengan semangat silaturahmi mari kita perkokoh persatuan dan kesatuan bangsa" tersebut. 

Kegiatan amal berupa pemberian santunan kepada yatim piatu dan tausiah agama turut dihelat dalam kegiatan yang dihadiri 600 san warga asal Ciayumajakuning tersebut. Penampilan kesenian khas Cirebon, Jawa Barat berupa Sintren, tari topeng, pencak silat serta berbagai gelar perlombaan menambah semarak kegiatan itu. 

Sederet kuliner khas dari keempat daerah di Jawa Barat itu juga tampak disajikan, mulai empal gentong, tahu gejrot, nasi lengko, ketoprak, krupuk melarat hingga aneka gorengan dan kue dalam daun.

Tak hanya itu, acara ini juga diramaikan dengan hiburan yang menampilkan lagu-lagu khas daerah Ciayumajakuning, serta aneka perlombaan menambah semarak kegiatan yang berlangsung sukses itu. 

Ketua IKB Ciayumajakuning, Provinsi Riau, Dr H Iwantono MSc mengatakan acara temu kangen sedulur ini digelar tak lain guna merekat tali silaturahmi dan mengobati rasa kangen di tanah rantau.

"Jaga kekompakan dan persaudaraan untuk saling bahu membahu membangun Riau, " ucapnya. 

Kemudian kata dia, ajang ini juga sebagai pnerus titipan Sunan Gunung Jati Cirebon yang juga salah satu wali dari sembilan wali penyebar Islam di Nusantara, yang menitipkan Tajug (musola atau masjid) dan Fakir Miskin.

Dia menjelaskan, Paguyuban Ciayumajakuning di Provinsi Riau sudah tergalang sejak lama yang dimotori oleh beberapa sesepuh asal daerah asal yang sudah lama menetap di Riau. 

"Terbentuk sejak tahun 2010 dan pelantikan pengurus dilakukan pada 9 januari 2011 oleh Sultan Sepuh XIV Keraton Kasepuhan Cirebon Pangeran Raja Adipati Arif Natadiningrat, " terangnya.

Ajang ini lanjutnya diharapkan mampu menjadi tempat berkumpulnya warga dari kabupaten kota yang terletak di bagian paling timur Provinsi Jawa barat atau dulu disebut Karasidenan Cirebon. 

"Masyarakat asal Ciayumajakuning di Riau cukup banyak yang menekuni berbagai profesi baik di pemerintahan, TNI, Polri, pengusaha, pedagang, wiraswasta dan bidang lainnya, " pungkas Iwantono. 

Sementara ketua panitia, Suparman ST mengucapkan terimakasih kepada warga Ciayumajakuning yang sangat antusias datang dari berbagai penjuru kabupaten kota di Provinsi Riau dalam acara temu kangen sedulur. 

"Acara ini terlaksana berkat kerjasama semua warga Ciayumajakuning. Diharapkan dapat memegang teguh pada pepatah di mana bumi dipijak di sana langit dijunjung. Mari pererat silaturahmi di tanah rantau, " pungkas pria yang juga anggota aktif TNI AU ini. (***)



Berita Terkait

Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook