Mendagri Tunggu Surat Gubri, Untuk Definitif Bupati Kampar

Selasa, 08 Januari 2019 - 07:49 WIB   [245 Klik]
Reporter : Aulia MH
Redaktur : Oce E Satria

Mendagri Tunggu Surat Gubri, Untuk Definitif Bupati Kampar


KORANMX.COM, BANGKINANG - Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) Kemendagri Dr Bahtiar MSi menyebutkan  saat ini Kemendagri menunggu  surat dari Gubernur Riau (Gubri) Wan Thamrin Hasyim, untuk definitif Bupati Kampar.

"Jika surat usulan sudah masuk ke Kemendagri, kemungkinan akan cepat prosesnya dan tidak perlu untuk berlama-lama diproses," ungkap Kapuspen, Senin (7/1/2019).

Ia mengatakan, alur yang harus dilalui prosesnya adalah Bupati yang meninggal diberhentikan dengan hormat sesuai pasal 173 UU Nomor 10 Tahun 2016 tentang Pilkada.

Berdasarkan SK pemberhentian Bupati tersebut, maka DPRD mengumumkan dalam rapat paripurna, untuk pengusulan pengesahan pengangkatan Wakil Bupati menjadi Bupati dan sekaligus pengusulan pemberhentian Wakil Bupati.

"Kemudian diusulkan melalui Gubernur kepada Mendagri untuk diangkat sebagai Bupati defenitif sampai berakhir masa jabatanya," jelasnya.

Bahtiar mengungkapkan, tidak ada lagi Pj Bupati, karena sudah otomatis Wakil Bupati yang akan diangkat menjadi Bupati. "Untuk itu kita menunggu saja surat dari Gubernur Riau," tuturnya. ***



Berita Terkait

Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook