KLHK Amankan Truk Colt Diesel

Supir Truk Illog Diduga Dipengaruhi Narkoba

Selasa, 08 Januari 2019 - 14:40 WIB   [55 Klik]

Supir Truk Illog Diduga Dipengaruhi Narkoba


PEKANBARU--Tim Badan Penegakan Hukum (Gakkum) Lingkungan Hidup dan Kehutanan Wilayah II Sumatera, bersusah payah menghentikan satu unit truk Colt Diesel di Jalan Lintas Pekanbaru-Lipat Kain, Kampar, Senin (7/1) kemarin.

Sempat tidak mau dihentikan, berjarak sekitar 3 kilometer dari lokasi pertama akhirnya pria inisial I supir truk Colt Diesel dapat dihentikan.

''Supir truk sempat tak mau berhenti, baru sekitar 3 kilometer supirnya mau berhenti,'' ungkap Eduard Hutapea, selaku Kepala Seksi Badan Gakkum LHK Wilayah II Sumatera, Selasa (8/1) siang.

Menurutnya, jenis kayu yang diangkut, kata Eduard merupakan jenis kayu yang dilindungi yakni kayu jenis Meranti. Pria 42 tahun ini mengaku tidak tahu, karena kayu itu diangkut dari pinggir sungai Mentulik, Kampar.

Menurut Eduard, dari penghitungan terakhir jumlah kayu itu di total sebanyak 47 batang.

Saat ini, pihaknya juga tidak mengetahui jenis kayu tersebut. Karena, penetapan yang menghitungnya adalah wewenang tim ahli. ''Jenis kayu itu juga akan kita klari
fikasi,'' kata Eduard.

Eduard mengatakan, belum bisa memastikan sumber asal kayu itu. Namun, supir mengatakan menjemputnya dari Sungai Mentulik. 

''Belum bisa kita pastikan, yang jelas sungai Mentulik langsung terhubung ke Sungai Rimbang Baling,'' ujar Eduard.

Penangkapan ini, kata Eduard berawal dari peristiwa ada kayu yang di sandera ibu-ibu di sekitar lingkungan mereka. Selain itu, dari keterangan tersangka I. Kayu itu rencana mau dibawa ke Pekanbaru.

''Dari hasil interogasi, pengiriman kayu ini sudah ditata sedemikian rapi. Karena supir tidak tahu kayu itu mau dikirim kemana,'' beber Eduard. 

Dugaan sementara, lanjut Eduard, kayu ini sepertinya mau  dijual eceran kepada beberapa orang. Supir itu juga mengaku, sekali mengantarkan kayu itu, ia diberi upah sebesar Rp500 ribu.

Supir Diduga Konsumsi Narkoba
Selain mengusut dugaan mengangkut kayu hasil pembalakan liar. Supir berinisial I itu, juga disangkakan dengan mengkonsumsi narkoba. ''Kuat dugaan supir itu mengkonsumsi narkoba,'' ungkap Eduard.

Untuk proses memastikan kadar narkoba pada pria inisial I ini, lanjut Eduard, saat ini pihaknya sedang melakukan tes narkoba terhadap supir tersebut. ''Anggota sedang membawa supir inisial I, tes narkoba di Rumah Sakit Polisi,'' ungkap Eduard.

Terkait, jika hasil tes narkoba, nantinya pria inisial I ini positif narkoba. Maka, pihaknya akan melimpahkan penanganannya ke pihak Kepolisian. ''Iya, kalau terbukti nanti kita limpahkan kasusnya ke Kepolisian,'' pungkasnya. =MX9

 



Berita Terkait

Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook