Dua Perampok Alfamart Modal Pistol Mancis Ditangkap

Selasa, 08 Januari 2019 - 18:27 WIB   [78 Klik]
Reporter : Hendra Nainggolan
Redaktur : Oce E Satria

Dua Perampok Alfamart Modal Pistol Mancis Ditangkap


KORANMX.COM, PEKANBARU - Selain rapi, cara dua perampok ini melakukan aksi mereka sangat berani dan juga nekat. Mereka merampok gerai Alfamart bermodalkan korek api gas atau mancis yang menyerupai pistol, Sabtu 22 Desember 2018 lalu.

Keduanya berhasil kabur usai menguras brangkas gerai Alfamart yang berada di Jalan Pasir Putih, tepatnya di simpang Jalan Kuaran, Kelurahan Air Dingin, Kecamatan Bukit Raya, Pekanbaru.

Namun polisi akhirnya berhasil menangkap pelaku berinisial RN (25) dan RP (21) tersebut. Bekerjasama dengan Unit Resmob Polda, Direktorat Reserse Kriminal Umum (Ditreskrimum) dan Polres Kampar, dilakukan penangkapan dua pelaku.

Kedua pelaku ditangkap di Desa Senama Nenek, Kecamatan Tapung Hulu, Kabupaten Kampar, Selasa (8/1/2019).

Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Riau, Kombes Pol Hadi Poerwanto mengatakan, saat beraksi kedua pelaku mengancam korban menggunakan pistol mancis dan satu pelaku menggunakan pisau. "Pelaku berhasil  menakuti karyawan toko,'' kata Hadi.

Hadi mengungkapkan, menurut keterangan saksi, kedua pelaku mendatangi  gerai Alfamart sekitar pukul 03.15 WIB.

''Dari keterangan saksi, kedua pelaku datang ke toko, berboncengan dengan sepeda motor. Setelah parkir dan memastikan situasi sepi, kedua pelaku masuk ke dalam toko,'' kata Hadi.

Bermodalkan mancis yang menyerupai pistol dan pisau, kedua pelaku berhasil  membuat takut dua orang karyawan toko yang tengah berjaga saat itu.

Untuk menyamarkan wajahnya, salah satu pelaku menggunakan helm, sedangkan pelaku lainnya memakai topi dan masker untuk menutupi wajahnya.

Setelah penjaga toko ketakutan, kedua pelaku dengan leluasa langsung mengambil uang di brankas toko di ruang belakang.

Setelah  brankas terbuka, karyawan yang bekerja dipaksa memasukkan uang tunai yang ada ke dalam tas ransel yang dibawa pelaku.

Usai mendapatkan uang, handphone dua karyawan pun ikut menjadi sasaran pelaku. Kemudian, meminta karyawan bergerak ke depan ruko.

''Dari depan toko, pelaku lalu menyuruh kedua karyawan toko pergi ke ruang belakang dan menyuruh mereka untuk diam di sana,'' ujar Hadi.

Para pelaku langsung  melarikan diri. Tidak lupa, para pelaku mengempeskan ban sepeda motor milik karyawan yang terparkir di depan toko. Usai melakukan hal itu, para pelaku pun tancap gas melarikan diri.

''Kasus perampokan ini mengakibatkan  toko Alfamart pun menggalami kerugian sebesar Rp20 juta lebih. Ditambah 2 unit HP yang hilang, sekitar Rp1,8 juta,'' kata Hadi. Saat diamankan, dua alat yang digunakan kedua pelaku berhasil disita sebagai barang bukti. ***



Berita Terkait

Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook