BPJS Tak Ada Pemutusan Kerjasama dengan Rumah Sakit

Rabu, 09 Januari 2019 - 15:18 WIB   [11 Klik]

BPJS Tak Ada Pemutusan Kerjasama dengan Rumah Sakit


PEKANBARU--Terkait banyaknya pemberitaan di media nasional bahwa ada beberapa rumah sakit yang memutuskan kerja sama dengan BPJS Kesehatan membuat resah masyarakat Kota Pekanbaru.

Oleh karena itu, Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Cabang Pekanbaru, Riau, memastikan tidak ada pemutusan kerjasama dengan rumah sakit yang ada di Pekanbaru. Jadi warga Pekanbaru tidak perlu khawatir seperti yang terjadi di daerah lain.

Demikian disampaikan Kepala BPJS Kesehatan Cabang Pekanbaru Rahmad Asri Ritonga melalui Humas BPJS, Dea Payes.

Dikatakan Dea, banyaknya informasi yang simpang siur memang membingungkan masyarakat. ''Yang diberitakan di banyak media itu terjadi di Jabodetabek, bukan di Riau,'' tegasnya.

Dikatakan, alasan rumah sakit yang putus hubungan kerjasama di Jabodetabek itu karean rumah sakit tersebut belum terakteditasi dan tidak mendapatkan rekomendasi dari Kemenkes, tidak memenuhi syarat rekredensialing, sedang proses perpanjangan akreditasi, hingga surat izin operasional habis.

''Untuk di Pekanbaru, kita minta masyarakat tenang karena semua rumah sakit masih bekerjasama dengan BPJS Kesehatan. Jadi masyarakat tidak perlu khawatir,'' jelas Dea.

Untuk di wilayah kerja Cabang Pekanbaru, sudah ada 41 rumah sakit dan 302 Fakses Tingkat Pratama yang bekerjasama. Seluruhnya yang sudah bekerjasama sebelumnya, di 2019 ini masih tetap menjalankan kontraknya melayani peserta JKN-KIS.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan (Diskes) Riau, Mimi Yuliani Nazir memastikan di Riau tidak ada pemutusan kerjasama antara BPJS dengan rumah sakit. ''Di Riau tidak ada rumah sakit yang diputuskan dengan BPJS kesehatan,'' kata Mimi.

Terkait dengan alasan diputusnya rumah sakit karena masalah akreditasi, Mimi menjelaskan bahwa di Riau saat ini ada 70 rumah sakit, 49 sudah terakreditasi, 3 rumah sakit menunggu hasil akreditas dan 1 rumah sakit dalam pelaksanaan akreditas.

''Sedangkan sisanya masih belum. Berdasarkan surat dari Menteri Kesehatan tentang rumah sakit tentang layanan kesehatan meskipun belum terakreditasi, tetap di Riau semua tetap berjasama dengan BPJS dan masyarakat tidak perlu resah,'' jelasnya. =MX11



Berita Terkait

Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook