PUPR Jamin Awal Februari Rampung

Ketua DPRD Desak Siak IV Segera Tuntas

Rabu, 09 Januari 2019 - 15:29 WIB   [45 Klik]

Ketua DPRD Desak Siak IV Segera Tuntas


PEKANBARU--Ketua DPRD Riau Hj Septina Primawati Rusli berharap pembangunan kelanjutan Jembatan Siak IV Pekanbaru segera tuntas dan bisa dimanfaatkan masyarakat.

Pasalnya, selain ditunggu masyarakat jembatan tersebut juga merupakan Icon Kota Pekanbaru yang menghubungkan dua daerah jadi satu, yaitu Kecamatan Rumbai dengan Kota Pekanbaru.

Selain itu, dengan tuntasnya pembangunan jembatan tersebut juga akan meningkatkan perekonomian masyarakat yang berawal dari leluasanya pihak investor masuk ke Pekanbaru.

''Untuk itu kita harap jangan ada lagi kendala dalam pembangunan, dan bisa dituntaskan sesuai masa tenggang waktu yang sudah ditetapkan sebelumnya,'' kata Septina.

Dijelaskan Septina, pembangunan jembatan Siak VI tersebut dirancang dengan tujuan mampu menjadi infrastruktur pengembangan berbagai aspek kebutuhan bagi daerah maupun masyarakat.

Rancangan jembatan itu dirancang dan dibangun pada masa Gubernur Rusli Zainal sebelum PON 2012. Sehingga sudah saatnya juga bisa dimamfaatkan untuk mencapai tujuan pembangunan sebagaimana mestinya.

Terkait pelaksanaan pembangunan saat ini, ia mengaku pihaknya terus melakukan pengawasan melakat (Waskat) terjadap pembangunan, artinya pengawasan terus dilakukan sampai berul-tuntas dan digunakan oleh maayarakat.

''Sejarusnya pada akhir tahun lalu sudah tuntas, tapi karena ada kendala makanya masa kerjanya diperpanjang sesuai waktu yang telah disepakati sesuai perjanjian,'' tuturnya.

Sementara Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Riau, Dadang Eko Purwanto, mengatakan pembangunan jembatan Siak IV pemasangan Main Span (MS) satu, jika hal itu sudah terpasang maka sudah bisa dikatakan rampung.

Sedangkan pemasangan Main Span (MS) tersebut sedang salam proses yang diperkirakan tuntas menjelang pertengahan bulan Januari 2019 ini.

''Prosesnya tinggal pemasangan MS, jika itu sudah tuntas maka pembangunan boleh dikatakam sudah rampung dan tinggal finishing dan pengujian,'' katanya.

Sesuai kondisi saat ini, Dadang juga menjamin jika pertengahan februari sudah bisa dimanfaatkan oleh masyarakat.

Sebelum digunakan masyarakat memang ada beberapa progam lagi yang harus diselesaikan, yaitu tes beban supaya beban yang ditanggung jembatan kedepan lebih maksimal.

Untuk pengujiannya itu akan dipandu oleh Komisi Keamanan Jembatan dan Terowongan Jalan (KKJTJ).

''Mudahan-mudahan tidak ada masalah lagi karena semua ada penilaian strukturnya. Kalau sudah loading test, maka jembatan Siak IV sudah aman dilalui oleh masyarakat,'' cakapnya. ***



Berita Terkait

Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook