Diduga Tak Berizin, Dumai Square Ditegur

Rabu, 09 Januari 2019 - 16:07 WIB   [118 Klik]

Diduga Tak Berizin, Dumai Square Ditegur


DUMAI--Satuan kerja perangkat daerah (SKPD) Dumai saling berebut melayangkan surat teguran kepada pengelola Dumai Square. Pasalnya, mereka kembali beraktifitas melakukan pembangunan setelah sempat 12 tahun mangkrak.

Sejumlah SKPD yang berkaitan dengan permasalahan perizinan dan pengawasan di Kota Dumai ini kecolongan terhadap proses pembangunan Dumai Square. Sampai saat ini pihak Dumai Square yang belakangan diketahui akan bertukar kepemilikan ini belum ada melapor terkait guna proses lanjutan pembangunan.

“Enam bulan lalu mereka sempat mempertanyakan terkait lokasi bangunan, karena akan diambil oleh pihak lain (dibeli, red) untuk dilanjutkan pembangunannya. Namun sampai hari ini mereka tidak ada lagi datang dan melapor kepada kita tekait proses pembangunannya,’’ kata Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Dumai, Hendri Sandra SE kepada Pekanbaru MX.

Pembangunan Dumai Square sudah lama tidak dikerjakan. Sebelumnya sudah ada izin mendirikan bangun, namun sempat terhenti.

‘’Sehingga mereka akan kita minta untuk kembali melengkapi berkas guna mendapatkan perizinan yang dibutikan dalam pembangunan. Apalagi kita sempat mendapat kabar akan berubah kepemilikan,’’ ujarnya.

Dalam waktu dekat, DPMPTSP akan menyurati pengelola Dumai Square untuk melengkapi berkas yang ada. Untuk pembangunan ulang juga akan dilakukan analisa pembangunan gedung. ‘’Kita akan menurunkan tim untuk melakukan pengecekan,” terang Hendri.

Ternyata, Satuan Polisi Pamong Praja  (Satpol PP) Dumai sudah mendatangi lokasi bangunan Dumai Square.

“Sudah datangi dan kita tegur secara lisan kepada mereka untuk melakukan pengurusan perizinan,” ujar salah seorang pegawai Satpol PP yang tidak ingin disebutkan namanya sembari mengarahkan wartawan untuk konfirmasi eks Kasat Pol PP Dumai.

Terpisah, Kasat Pol PP Bambang Wardoyo mengaku mengetahui adanya pengerjaan kembali bangunan Dumai Square tersebut.

“Untuk penertiban, kami masih menunggu surat dari pihak DPMPTSP. Ini sebagai dasar kami melakukan penertiban kalau memang ada pelanggaran Perda dalam proses pembangunan  kembali bangunan Dumai Square tersebut,” kata Bambang.

Di lain pihak, Kepala Seksi Tata Ruang Dinas Pekerjaan Umum dan Pemukiman Rakyat (PUPR) Kota Dumai Muhamad Muhfarizal ST mengaku sampai saat ini tidak ada pengajuan izin dari pihak Dumai Square untuk melakukan pembangunan kembali.

“Nanti akan kita layangkan surat teguran kepada mereka dan kita akan melakukan investigasi terkait upaya pembangunan kembali bangunan Dumai Square tersebut,” ujarnya singkat.

Terkait permasalahan ini, pihak Dumai Square belum dapat dikonfirmasi. Saat didatangi lokasi pembangunan, hanya ditemukan para pekerja. ***

 



Berita Terkait

Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook