Terbuka Peluang Magang Bagi Mahasiswa di BUMN

Kamis, 10 Januari 2019 - 09:03 WIB   [109 Klik]

Terbuka Peluang Magang Bagi Mahasiswa di BUMN


KORANMX.COM, PEKANBARU -- Forum Human Capital Indonesia (FHCI) berinisiatif melaksanakan Program Magang Mahasiswa Bersertifikat yang melibatkan BUMN sebagai tempat magang bagi mahasiswa Perguruan Tinggi Negeri maupun Swasta di Indonesia. Peserta magang akan mengisi posisi tertentu di BUMN sesuai dengan disiplin ilmu yang dibutuhkan.

Hal itu disampaikan Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Kerjasama, dan Sistem Informasi Prof Dr Mashadi MSi, di depan puluhan mahasiswa yang mendaftar pogram FHCI periode Januari 2019.

Program Magang Mahasiswa Bersertifikat merupakan program di bawah Forum Human Capital Indonesia (FHCI) yang merupakan forum sinergi bagi praktisi human capital management di lingkungan BUMN yang berkomitmen meningkatkan daya saing Sumber Daya Manusia (SDM) Indonesia untuk siap bersaing di pasar global.

Menurut Mashadi, Program ini merupakan sinergi yang saling menguntungkan karena SDM unggul yang lahir dari program ini, sekaligus akan menjadi alternatif sumber rekrutmen BUMN. Mahasiswa yang terlibat dalam program ini akan mendapat manfaat berupa peningkatan wawasan, pengetahuan dan keterampilan untuk semakin menyiapkan lulusan mahasiswa untuk memasuki dunia kerja.

"Program ini bertujuan untuk kalibrasi link dan match perguruan tinggi dengan yang dibutuhkan oleh industri. Bagi industri, melalui program ini dapat dimanfaatkan sebagai salah satu sumber rekrutasi karyawan sesuai kebutuhan," jelasnya, seperti dikutip Media Center Riau.


Pelaksanaan Matc-up awal PMMB 2019

Berlangsung selama 5 (lima) hari, belum lama ini Forum Human Capital Indonesia (FHCI) melakukan proses match-up Program Magang Mahasiswa Bersertifikat (PMMB) dari hasil kebutuhan posisi magang BUMN dengan data ketersediaan Mahasiswa PTN/PTS. Pelaksanaan proses macth-up dilaksanakan di Gedung Graha Merah Putih lantai 6, Jl. Gatot Subroyo Kav. 52 Jakarta.

Tim PMMB melakukan match-up antara 3736 posisi magang dari 86 BUMN dan 7277 mahasiswa dari 89 PTN/PTS seluruh Indonesia. Match-up dilakukan terhadap lokasi magang (provinsi) dengan posisi PTN/PTS, jurusan yang diperlukan dengan jurusan yang tersedia.


Target 20.000 Mahasiswa

FHCI mencatat program magang gelombang pertama 2018 telah terdaftar 2.732 mahasiswa dari 25 universitas negeri dan swasta. Peserta magang akan terdistribusi di 68 perusahaan BUMN. Jumlah peserta yang akan terserap tahap I sebanyak 2.000 dari 2.732 permintaan yang masuk. Hingga periode 2020 ditargetkan 20 ribu mahasiwa bisa bergabung dalam program ini. ***



Berita Terkait

Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook