PN Rengat Tangani 557 Perkara

Kamis, 10 Januari 2019 - 15:31 WIB   [31 Klik]

PN Rengat Tangani 557 Perkara


INHU--Sepanjang tahun 2018, Pengadilan Negeri (PN) Rengat Kabupaten lndragiri Hulu (lnhu) menangani 557 perkara yang terdiri dari kasus perdata dan pidana yang terdapat di dua kabupaten yang dibawahi PN Rengat yaitu Kabupaten Inhu dan Kuantan Singingi (Kuansing).

‘’Sedangkan untuk kasus tilang, PN Rengat menangani 4.819 kasus,’’ kata Ketua PN Rengat Darma Indo Damanik SH MKn melalui Humas PN Rengat Immanuel MP Sirait SH saat dikonfirmasi Pekanbaru MX, Rabu (9/1).

Dari total 557 perkara tersebut, perkara penyalahgunaan narkoba masih berada di urutan atas dengan 90 pekara, dan diikuti perkara pidana dan perdata lainnya.

Dijelaskannya lagi, dari jumlah 557 perkara yang masuk tersebut sedikitnya ada 13 perkara yang belum mendapat putusan.

Lebih lanjut disampaikanya, dari 90 perkara narkoba yang masuk, salah satu perkaranya diputus hingga hukuman kurungan penjara seumur hidup.

‘’Selanjutnya perkara pencurian dengan pemberatan (Curat), pencurian dengan kekerasan (Curas) dan pencurian kendaraan bermotor (Curanmor) 45 perkara, serta kasus perjudian 25 perkara,’’ paparnya.

Untuk kasus asusila sedikit mendapat penurunan jika dibandingkan tahun 2017 lalu, dimana sebelumnya ada sebanyak 27 perkara, sedangkan untuk 2018 hanya sebanyak 17 perkara.

‘’Pada 17 perkara asusila pada umumnya pelaku merupakan orang dekat, di antaranya tetangga hingga keluarga korban sendiri,’’ terangnya.

Selanjutnya perkara penganiayaan sebanyak 13, perkara penggelapan 15, penganiayaan 13 perkara, aborsi 2 serta 20 perkara pidana khusus untuk ilegal loging.

‘’Disamping itu ada satu perkara tindak pidana pemilu atau money politics yang menjerat Dimas Kasyono dengan vonis 3 tahun kurungan,’’ tutupnya. ***



Berita Terkait

Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook