2 Hektar Lahan Terbakar

Kapolsek dan Danramil Bergegas Lakukan Pemadaman

Kamis, 10 Januari 2019 - 16:13 WIB   [38 Klik]

Kapolsek dan Danramil  Bergegas Lakukan Pemadaman

Kapolsek Batu Hampar Iptu S Sijabat bersama tim dan anggota TNI Koramil 01 Bangko melakukan pemadaman di lahan terbakar.

BATUHAMPAR—Seluas dua hektar lahan semak belukar di Jalan Usaha, RT 02, RW 03, Dusun Utara, Kepenghuluan Sungai Sialang, Kecamatan Batu Hampar terbakar.

Tak mau api semakin meluas, Kapolsek Batu Hampar dan Danramil 01 Bangko bergegas melakukan pemadaman serta pendinginan.

Kapolsek Batu Hampar Iptu S Sijabat ketika dikonfirmasi menyebutkan, kebakaran lahan dan hutan (Karlahut) itu mulai terjadi, Rabu (9/1) sekira pukul 09.30 WIB.

Pemadaman yang dilakukan di titik koordinat Lat 19.7534. Long: 100.92228 telah berlangsung selama dua hari ini. Dengan menggunakan mesin pemadam lima unit mesin merk Honda Ministracker dan satu unit mesin merk Robin.

Iptu Sijabat mengatakan, lahan yang terbakar tidak diketahui siapa pemiliknya. Oleh karena itu pihaknya terus melakukan lidik.

Untuk penanganan khusus bagi lahan yang telah terbakar, kata Sijabat, pihaknya memasang police line dan lidik pelaku pembakaran.

Upaya pemadaman dan pendinginan dilakukan bersama-sama Camat Batu Hampar H Hermanto Latima, Danramil 01 Bangko Mayor Inf Edi Yanto, Kapolsek Batu Hampar Iptu S Sijabat, Penghulu Sungai Sialang Hulu Hariyanto dan anggota.

Ditambah personil Polsek Batu Hampar sebanyak sembilan orang, MPA (Masyarakat Peduli Api) enam orang, kemudian anggota TNI sebanyak 15 orang, BPBD sebanyak lima orang, PT Sindora Seraya empat orang, tim dari PT Diamond Raya Timber tujuh orang.

Sijabat mengaku, adapun kendala saat melakukan pemadaman hanya jarak tempuh lokasi Karlahut yang cukup jauh, yakni sekitar dua kilometer, begitu pula minimnya ketersediaan air di kanal yang cepat kering.

“Berkat kerja sama semuanya, saat ini api sudah padam hanya saja masih menimbulkan asap kecil, dan tidak menutup kemungkinan apabila angin kencang api akan hidup kembali,” katanya.

Masih dikatakan Sijabat, upaya pemadaman yang dilakukan dinilai berhasil dan tidak ada lagi titik api. Pasalnya, Rabu malam hujan turun cukup deras.

Untuk itu, pihaknya akan terus melakukan patroli memantau kondisi lahan apakah masih berasap atau sudah padam total. Karena jika masih berasap, pihaknya akan kembali turun melakukan pemadaman hingga tuntas. =mx/pr



Berita Terkait

Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook