Tersebar di tujuh kabupaten/kota

Terra dan Aqua Deteksi 38 Hotspot di Riau

Minggu, 10 Maret 2019 - 11:49 WIB   [39 Klik]
Redaktur : Raja Mirza

Terra dan Aqua Deteksi 38 Hotspot di Riau

Data sebaran hotspot (BMKG) Pekanbaru

 

KORANMX.COM, PEKANBARU - Kabut asap tipis tampak menyelimuti langit kota Pekanbaru, Ahad (10/3/2019) pagi. Menyusul kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) yang terjadi di sebagian besar wilayah Provinsi Riau. 

Berdasarkan pantauan Satelit Terra dan Aqua milik Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) stasiun Pekanbaru terdeteksi sebanyak 53 titik panas atau hotspot di pulau Sumatera. 

"Hotspot update Ahad (10/3/2019) pukul 06:00 WIB terdeteksi 53 hotspot di Sumatera," kata Kasi Data dan Informasi BMKG Pekanbaru, Marzuki melalui pesan elektroniknya Ahad (10/3/2019) pagi. 

Sebaran hotspot kata dia terdapat di tujuh provinsi, masing-masing Sumatera Utara (Sumut) 3, Sumatera Barat (Sumbar) 1, Sumatera Selatan (Sumsel) 3, Jambi 1, Bangka Belitung (Babel) 1 dan terbanyak ada di Provinsi Riau yakni 38 hotspot. 

Sebaran hotspot di Riau tersebar di tujuh kabupaten/kota, yakni di Kecamatan Bukit Kapur, Kota Dumai 5, Siak 5, Tebing Tinggi Kepulauan Meranti 2, Rengat, Inhu 2, Inhil 5 tersebar di Gaung Anak Serka (GAS) dan Mandah, Rupat Bengkalis 1 dan terbanyak ada di Kecamatan Kuala Kampar, Pelalawan yakni 18 hotspot. 

Namun tingkat kepercayaan (level confidence) di atas 70 persen yang diyakini merupakan titik api di Provinsi Riau hanya ada di 20 lokasi, yakni di Siak 1, Pelalawan 12, Inhil 3, Bengkalis 1 dan kota Dumai 3 titik. 

"Level confidence di atas 70 persen di Riau 20 hotspot," kata Marzuki. 

Sementara itu kondisi cuaca di Provinsi Riau pada umumnya cerah berawan. Potensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang terjadi di wilayah Rokan Hulu, Siak, Bengkalis, Pelalawan serta sebagian Indragiri Hulu dan Kabupaten Indragiri Hilir pada pagi hari. 

Pada siang hingga sore hari potensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang juga terjadi di wilayah Rokan Hilir, Rokan Hulu, Kampar, Kuantan Singingi, sebagian Indragiri Hulu dan Kabupaten Indragiri Hilir.

Sementara potensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang dan tidak merata pada dinihari dapat terjadi di sebagian wilayah Kabupaten Bengkalis, Kuantan Singingi, Pelalawan, Siak, Kampar dan Kota Pekanbaru.

"Waspada hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang terjadi di Rokan Hilir, Pelalawan dan Kabupaten Indragiri Hilir," pungkasnya. ***

 



Berita Terkait

Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook