Pemko Nunggak PJU Enam Bulan

Minggu, 10 Maret 2019 - 15:49 WIB   [31 Klik]

Pemko Nunggak PJU Enam Bulan

Suasana pertemuan Pemko Pekanbaru dan PT PLN yang dimediasi Kejari Pekanbaru, Juni 2018 silam.

PEKANBARU—Tunggakan Penerangan Jalan Umum (PJU) Pemerintah Kota Pekanbaru tak kunjung dibayarkan hingga Maret 2019 ini. Pemerintah Kota menunggak tagihan PJU selama enam bulan.

Tunggakan PJU tersebut mencapai Rp86,9 miliar. Pemko menunggak tagihan PJU sejak bulan Juni 2018 silam. Pembayaran PJU terakhir yakni pada Mei 2018 silam.

Hingga kini Pemerintah Kota (Pemko) masih berkutat soal pembahasan teknis tunggakan tersebut, belum menyentuh solusi pembayaran tunggakan.

“Nanti dinas teknis bakal membahas upaya terbaik untuk menuntaskan tunggakan ini,” sebut Sekretaris Daerah Kota Pekanbaru, Muhammad Noer MBS.

Menurutnya, tunggakan itu pasti dibayarkan. Ia menyebut tunggakan PJU ini sudah masuk dalam hutang Pemko.

Satu alasan tunggakan belum dibayar karena proses penitikan PJU belum tuntas. M Noer mengatakan bahwa pembayaran dilakukan setelah proses penitikan PJU.

Ia mengaku hingga kini audit terhadap tunggakan PJU belum rampung. Ia berharap ada solusi terbaik untuk menuntaskan masalah tunggakan ini

Ia menyebut bahwa upaya penyelesaian tunggakan melibatkan banyak pihak. Proses audit juga butuh waktu. Pemerintah kota berupaya menyelesaikan permasalahan hutang daerah secara optimal.

“Ada banyak pihak yang ikut menuntaskan masalah ini. Jadi memang butuh waktu,” akunya, pada Sabtu (9/3).

Disisi lain, Dinas Perhubungan Kota Pekanbaru (Dishub) sudah melakukan penitikan di ribuan titik. Ada sekitar 2.000 titik PJU liar bakal dibongkar.

Persoalan ini sudah berlangsung sejak pertengahan tahun 2018 silam. PLN memutuskan sambungan listrik untuk PJU di Pekanbaru.

Pemutusan listrik ini dikarenakan Pemko menunggak pembayaran senilai Rp37 miliar. Jumlah itu merupakan jumlah penghitungan PLN.

Sementara Pemko mengaku jumlah tunggakan PJU mereka hanya senilai Rp12 miliar. Karena terjadi ketidak cocokan data, maka keduanya menjalani mediasi Medio Juni tahun lalu.

Mediasai kala itu dilakukan oleh Kepala Kejakasaan Negeri (Kajari) Pekanbaru, Suripto Irianto.

Dalam mediasi yang berlangsung dua hari disepakati jika kedua belah pihak memutuskan jumlah tagihan PJU senilai Rp25 miliar. Jumlah ini selanjutnya akan diaudit oleh Badan Pemeriksa Keuangan dan Pembangunan (BPKP) RI perwakilan Riau.

Hasil audit inilah nantinya akan menjadi tanggung jawab Pemko kepada PLN untuk dibayarkan.

Sebanyak 31.750 titik dari 41.333 titik Penerangan Jalan Umum (PJU) di Pekanbaru tanpa meteran, ini sebab Pemko Peklanbaru belum bayar tunggakan.

Terkait tagihan listrik yang diperkirakan sampai Rp87 miliar. Sekdako Pekanbaru berkomitmen akan menyelesaikan masalah ini.

“Nanti dinas teknis bakal membahas upaya terbaik untuk menuntaskan tunggakan ini,” kata M Noer.

Menurutnya, tunggakan itu pasti dibayarkan. Ia menyebut tunggakan PJU ini sudah masuk dalam hutang pemerintah kota. =mx/rpg

 



Berita Terkait

Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook