Bandar Narkoba Dijerat TPPU

Aset Mantan Sipir Bengkalis Senilai Rp1 M Disita

Senin, 11 Maret 2019 - 15:54 WIB   [31 Klik]

Aset Mantan Sipir Bengkalis Senilai Rp1 M Disita


PEKANBARU—Direktorat Reserse Narkoba Polda Riau menjerat Suci (35), seorang bandar narkoba, dengan Undang-undang Tindak Pidana Pencucian uang (TPPU). Sebelumnya dia ditangkap terkait kepemilikan 37 kilogram sabu dan 85.000 butir ekstasi di Kabupaten Probolinggo.

Direktur Reserse Narkoba Polda Riau, Kombes Pol Haryono mengkonfirmasi, penyitaan aset-aset tersebut merupakan bagian dari penyidikan TPPU.

‘’Sejumlah aset tersangka sudah disita. Ada mobil Pajero, Mazda 7, lahan di Bengkalis dan uang Rp103 juta. Estimasi nilainya sekitar Rp1 miliar,’’ kata Hariono.

Polda Riau bersama Polres Probolinggo menangkap Suci pada Januari 2019 lalu. Selain itu, aparat juga menangkap dua orang lainnya inisial MD dan MA. Hariono menyebut, dulunya Suci merupakan seorang petugas Sipir Lapas Klas II A di Kabupaten Bengkalis.

‘’Dia memiliki jaringan yang luas dan juga sebagai kordinator penggerak kaki tangannya. Sebelum menjadi bandar narkoba, Suci sempat bekerja sebagai petugas Sipir Lapas di Bengkalis,’’ sambung Hariono.

Hariono menyebut, akan limpahkan berkas tindak pidana narkoba Suci dan kedua rekannya ke Kejaksaan Tinggi Riau pekan depan. Sementara untuk berkas TPPU, masih menunggu hasil audit resmi dari Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan.

‘’Senin ini kita limpahkan berkas narkoba untuk tahap I. Kemudian berkas TPPU menyusul karena masih menunggu analisa keuangan dari PPATK,’’ pungkas Hariono.

Sebelumnya, Ditpolair Polda Riau menemukan sebuah kapal yang ditumpangi pelaku di tengah perairan Kecamatan Bantan, Bengkalis, karena kehabisan minyak. Mereka izin membeli minyak dan tidak kembali ke kapal.

Curiga, aparat memeriksa kapal bersama warga dan saat itu juga ditemukan 37 kilogram sabu dan 85.000 ekstasi di dalam ruang mesin kapal. Setelah dilakukan penyelidikan, ditemukan kecurigaan mengarah ke pelaku.

Akhirnya, Polda Riau bersama dengan Polres Probolinggo menangkap Suci dan dua rekannya pada bulan Januari 2019 di daerah Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur. Sebelum itu mereka sempat ke Bali. =MX9



Berita Terkait

Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook