Ribuan Barang Elektronik Ilegal Diamankan

Senin, 11 Maret 2019 - 16:30 WIB   [43 Klik]

Ribuan Barang Elektronik Ilegal Diamankan

Truk bermuatan barang elektronik diduga ilegal diamankan.

PEKANBARU—Sebanyak 319 koli komputer bekas dan aksesoris berupa 1.579 unit central processing unit (CPU), 918 unit monitor, serta 376 unit laptop berbagai macam, diamankan dari satu truk pengangkut oleh tim Penindakan dan Penyidikan KPPBC Pekanbaru.

Pengamanan ini dilakukan di Jalan Lintas Siak-Tanjung Buton, Kabupaten Siak. Saat pengamanan, dua orang pria masing-masing inisial LK dan SP sebagai sopir turut diamankan.

‘’Dua orang yang kita amankan berstatus sopir dan kenet mobil truk Mitsubishi,’’ ungkap AG Aryani selaku Humas KPPBC Pekanbaru, Senin (11/3) siang.

AG Aryani menyebutkan, penangkapan truk bermuatan barang elektronik ilegal ini, berawal dari informasi masyarakat bahwa barang elektronik ilegal akan masuk dari Pelabuhan Lalang, Kabupaten Siak.

‘’Informasi yang kita dapatkan, barang elektronik ilegal itu akan masuk menggunakan kapal kayu,’’ ujar AG Aryani.

Bermodalkan informasi tersebut, selanjutnya petugas tim Penindakan dan Penyidikan (P2) KPPBC Pekanbaru langsung melakukan pendalaman.

Upaya petugas membuahkan hasil, persisnya pada Jumat (8/3) dinihari sekitar pukul 4.45 WIB lalu, tim yang ditugaskan berhasil melihat satu unit truk yang dicurigai.

‘’Keberadaan truk pengangkut tersebut terlihat di Jalan Raya Siak-Tanjung Buton,’’ jelas AG Aryani.

Selanjutnya, saat petugas menghentikan laju truk tersebut. Dari hasil pemeriksaan, tidak ditemukan surat-surat Kepabeanannya.

‘’Iya karena tidak memiliki surat-surat Kepabeanannya, langsung kita amankan,’’ kata AG.

Atas penangkapan ini, selanjutnya, pihaknya masih akan melakukan pengembangan. Untuk mengungkap, jaringan penyelundupan barang elektronik ilegal tersebut. ‘’Dua orang yang diamankan, masih kita dalami keterangannya,’’ tutup AG. =MX9



Berita Terkait

Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook