AirAsia Hentikan Jual Tiket di Traveloka

Selasa, 12 Maret 2019 - 20:05 WIB   [67 Klik]
Redaktur : Oce E Satria

AirAsia Hentikan Jual Tiket di Traveloka


KORANMX.COM, JAKARTA -- AirAsia menyatakan penghentian penjualan tiket penerbangan di Traveloka merupakan langkah final. Meski ada upaya dialog dari Traveloka, AirAsia tetap menuntut penjelasan kepada publik soal tiketnya yang menghilang dari online travel agent terbesar di Indonesia tersebut.

Direktur Utama AirAsia Indonesia Dendy Kurniawan menyatakan bahwa perusahaannya telah cukup memberikan sinyal agar Traveloka menyampaikan penjelasan tentang hilangnya tiket AirAsia  sejak pertengahan Februari lalu. Namun, penjelasan itu tak juga disampaikan.

AirAsia pun menghentikan penjualan tiketnya di seluruh wilayah operasional Traveloka yang mencakup Malaysia, Thailand, Filipina, India dan Jepang. “Kami sudah memutuskan secara grup untuk mencabut penjualan di Traveloka,” kata Dendy, Rabu pekan lalu.

Lalu, apakah AirAsia tak takut rugi karena berkurangnya channel penjualan? Menurut Dendy, kontribusi online travel agent hanya sekitar 20% dari total penjualan tiket AirAsia.

Ia menyebut, penjualan tiketnya lebih banyak melalui platform AirAsia, baik website atau aplikasi. “Selama kami masih bisa menawarkan harga paling kompetitif, kami akan dicari,” ujarnya.

Simulasi penjualan tiket penerbangan dari Jakarta ke Yogyakarta pada Rabu lalu, harga termurahnya Rp 938.210 di website airasia.com. Harganya masih sama dengan tiket termurah yang ada di Traveloka oleh maskapai Lion Air sebesar Rp 939.000.

Namun, untuk penerbangan dengan rute yang sama pada 11-17 Maret 2019, AirAsia menawarkan tiket seharga Rp520.100. Sementara, harga tiket di Traveloka mencapai Rp620.000 dengan penerbangan Lion Air.

Sebaliknya, pihak Traveloka mengklaim kedua pihak tengah melakukan dialog untuk mencari solusi terbaik. Public Relation Director Traveloka Sufintri Rahayu menyatakan, perusahaannya akan memprioritaskan pengguna. “Kami memberikan alternatif pilihan maskapai yang lengkap dan beragam,” katanya.

Hanya, ia enggan menjelaskan dampak pencabutan penjualan AirAsia dalam aplikasi. Sufintri hanya menjawab Traveloka adalah perusahaan teknologi bidang travel dan gaya hidup terbesar di Asia Tenggara.***

Sumber: msn, katadata



Berita Terkait

Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook