Panglima TNI dan Kapolri Pakai Motor ke Lokasi Karhutla

Rabu, 13 Maret 2019 - 16:54 WIB   [33 Klik]

Panglima TNI dan Kapolri Pakai Motor ke Lokasi Karhutla

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jenderal Tito Karnavian meninjau lokasi karhutla di Rupat, Kabupaten Bengkalis.

BENGKALIS--Dalam kurun satu bulan, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto sudah dua kali datang ke Provinsi Riau. Kali ini ia ditemani Kapolri Jenderal Tito Karnavian, Rabu (13/3).

Kedatangan dua pemimpin tertinggi di institusi TNI dan Polri itu dalam rangka melakukan pengecekan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Riau. Lokasinya di Pulau Rupat, Kabupaten Bengkalis.

Berdasarkan data dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Riau, sedikitnya 1.800 hektar di wilayah itu hangus terbakar. Kawasan  lahan yang terbakar yang terluas terjadi di Kabupaten Bengkalis, termasuk Pulau Rupat mencapai hampir 1.000 hektar.

Selain meninjau Karhutla di Rupat, keduanya juga mengunjungi pesantren di Kabupaten Kampar. Di sana mereka memberikan pengarahan kepada mahasiswa Universitas Muhammadiyah Riau serta kegiatan PWNU di Kota Pekanbaru.

Panglima TNI dan Kapolri tiba di Pangkalan Udara Roesmin Nurjadin, Pekanbaru sekitar pukul 11.00 WIB dengan menumpang pesawat militer Boeing 737 TNI AU. Mereka disambut Wakil Gubernur Riau Edy Natar Nasution serta unsur Forum Kominukasi Pimpinan Daerah.

Istirahat sekitar 15 menit di gedung VIP Pandawa Lanud Roesmin Nurjadin, keduanya langsung terbang ke Pulau Rupat dengan menggunakan dua helikopter Super Puma TNI AU.

Kala itu, Hadi menjanjikan akan mengirim armada helikopter dan pesawat guna pengeboman air serta operasi modifikasi cuaca.

Panglima TNI juga menyebutkan, akan mengirim prajurit TNI ke lokasi tersebut guna memaksimalkan pemadaman titik-titik api.
Pakai Motor

Sekitar pukul 12.40 WIB, helikopter yang membawa Panglima TNI dan Kapolri dari Lanud Roesmin Nurjadin Pekanbaru, mendarat dengan selamat di lapangan sepakbola Dusun Kampung Baru,

Kelurahan Terkul, Rupat. Rombongan langsung disambut Bupati Amril Mukminin beserta Kapolres Bengkalis AKBP Yusup Rahmanto dan Dandim 0303/Bengkalis Letkol Inf Timmy Prasetya Harmianto, Kapolres Dumai AKBP Restika P Nainggolan SIK dan lainnya..

Setibanya di Rupat, rombongan langsung meninjau lokasi karhutla di RT15, RW 05, Kelurahan Terkul, Kecamatan Rupat Kabupaten Bengkalis. Sampai di lokasi, rombongan terpaksa naik sepeda motor dengan menempuh jarak sekitar 5 kilometer, berada jauh dalam hutan dan tidak dapat dilalui kendaraan roda empat.

Setelah meninjau lokasi kebakaran, rombongan kembali ke lapangan bola Sungai Injab. Di sana Panglima TNI dan Kapolri mereka menyerahkan bantuan berupa mesin pompa air. =MX9/MX15/MX17



Berita Terkait

Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook