Masyarakat Koto Aman Kembali Menggelar Aksi Demo

Kamis, 14 Maret 2019 - 15:42 WIB   [19 Klik]

Masyarakat Koto Aman Kembali Menggelar Aksi Demo

Ratusan masyarakat Kota Aman menggelar aksi unjuk rasa ke Kantor Gubernur Riau terkait masalah konflik lahan dengan PT SBAL.

PEKANBARU—Ratusan warga Desa Koto Aman Kambupaten Kampar dan Sakai kembali menggelar aksi demo di depan Kantor Gubernur Riau. Para pendemo yang menuntut tanahnya yang diserobot PT SBAL datang dengan membawa anak-anaknya.

Mereka meminta pemerintah Provinsi Riau segera mengambil tindakan, agar PT SBAL mengembalikan lahan mereka seluas 1500 ha kepada warga.

Dalam orasinya warga menuding Pemerintah Provinsi Riau tidak berpihak kepada masyarakat bawah. Dan mereka menuding pemerintah lebih mementingkan pihak perusahaan terutama dalam konflik lahan tersebut.

Irwan Saputra selaku Ketua Aksi dari masyarakat Koto Aman mengatakan bahwa HGU yang diberikan kepada PT SBAL tidak sesuai dengan izin prinsip yang diberikan oleh pemerintah untuk menanam tanaman coklat, karet dan kelapa hibrida.

Menurut warga kenyataannya lahan yang diberikan pemerintah untuk perusahaan tersebut justru dipergunakan menanam kelapa sawit.

Gubernur Riau Syamsuar berjanji untuk menyelesaikan masalah tersebut, namun setelah melakukan pertemuan dengan pihak perusahaan, tanpa melibatkan masyarakat Kota Aman, diduga ketusan sepihak.

Masyarakat yang melakukan aksi tersebut hingga kini sudah 9 hari bertahan dan menginap di bawah kolong flyover. Mereka akan terus bertahan hingga tuntutan mereka dipenuhi pemerintah.

Tidak hanya itu, masyarakat Sakai juga menggelar aksi meminta kepada pemerintah Riau untuk mempercepat SK Tim Penyelesaian atas tanah masyarakat Suku Sakai. =MX12



Berita Terkait

Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook