Densus 88 Tangkap Terduga Teroris di Rohil

Kamis, 14 Maret 2019 - 15:53 WIB   [105 Klik]

Densus 88 Tangkap Terduga Teroris di Rohil


ROHIL--Pagi, Kamis (14/3), warga masyarakat sekitar Jalan Dr Pratomo, Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) dibuat heboh. Mereka melihat rumah bercat biru yang tak jauh dari Rumah Tahanan (Rutan) Bagansiapiapi, dikerumuni petugas kepolisian dan TNI.

Usut punya usut, petugas itu dari Detasemen Khusus (Densus) 88 Anti Teror Mabes Polri. Informasinya sedang menggeledah salah satu rumah yang ditempati terduga teroris. Inisialnya RG. Diciduk dekat kediaman kakaknya, sekitar 50 meter dari Rutan Bagansiapi-api.

RG ditangkap saat hendak membeli bubur di depan Kantor Camat Bangko. Saat diamankan, pria bebadan kecil dengan rambut panjang itu tidak melakukan perlawanan.

Di kediaman kakak RG, aparat kepolisian dan TNI menggeledah kamar RG. Didapati barang bukti berupa busur dan anak panah dan buku-buku.

Sejauh ini belum ada perkembangan. Pasalnya, terduga langsung dibawa oleh tim Densus 88 yang masing-masing menggunakan penutup muka.

Menurut warga sekitar Adi, RG dikenal tidak banyak bicara. Bahkan belakangan ini sering ke masjid bersama saat melaksanakan salat berjamaah.

"Yang saya tahu dia pendiam. Tak banyak cakap. Kalau salat ke masjid kami sering sama-sama. Memang dia rajin ibadah," kata Adi.

Warga di sekitar lokasi, Cecep mengaku sebelumnya tidak mengetahui kalau bahwasannya itu adalah penangkapan teroris. ''Polisi berpakaian preman (sipil) bawa senjata laras panjang. Ada sekitar enam orang. Itu saja yang saya tahu. Pas ramai-ramai tadi tu, aku kiro (kira) penangkapan narkoba,'' katanya.

Kapolres Rokan Hilir  AKBP Sigit Adi Wuryanto SIK MH ketika dikonfirmasi melalui pesan singkatnya, membenarkan penangkapan terduga teroris tersebut. "Iya benar ada penangkapan dari Densus 88 AT Mabes Polri," kata Sigit.

Kapolres mengaku tidak bisa berkomentar banyak terkait hal itu, karena Polres Rohil hanya bersifat memback-up melalui Polsek Bangko.

"Saya tidak bisa komentar. Yang saya tahu hanya sebatas ada penangkapan saja. Polres dan Polsek hanya memback-up saja," ungkapnya.

Senada dikatakan Kabid Humas Polda Riau Kombes Pol Sunarto SIK. ''Benar, tadi pagi Densus mengamankan seorang pria inisial RG di Rohil. Terkait kasus dugaan terorisme,'' terangnya.

Penangkapan RG, sebut Sunarto, juga melibatkan personel Polda Riau. ''Kita sifatnya hanya memback-up saja,'' ujar ungkap Mantan Kabid Humas Polda Sulawesi Tenggara (Sultra) ini.

Saat ini terduga teroris sedang dalam proses interogasi Densus 88 Mabes Polri.

Ditanya keterkaitan penangkapan ini dengan pengembangan penangkapan terduga teroris di Sibolga, Sumut, Sunarto belum dapat memastikan. ''Itu belum dapat kita pastikan,'' kata Sunarto.

Sebelumnya, Kapolda Riau, Irjen Pol Widodo Eko Prihastopo mengatakan, terkait jaringan teroris di Riau, pihaknya akan terus melakukan pemantauan dan pengawasan. ''Kita terus pantau benih-benih terorisme di Riau,'' ungkap Kapolda.

Terkait penanganan terorisme di Riau, Kapolda meminta kepada masyarakat Riau tidak takut dan menyerahkan penanganan ke pihak kepolisian. 

''Kalau melihat ada yang mencurigakan terkait teroris, saya harap masyarakat segera melaporkannya,’’ pungkasnya. =MX9/pr/MG2



Berita Terkait

Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook