Pengendara Berhenti Hindari Kobaran Api

Selasa, 19 Maret 2019 - 16:23 WIB   [26 Klik]

Pengendara Berhenti Hindari Kobaran Api


PEKANBARU—Kebakaran lahan yang berada di Jalan Pramuka, Kecamatan Rumbai Pesisir yang terjadi Senin (18/3) siang hingga malam hari, sempat mengganggu arus lalu lintas. Pengendara banyak yang berhenti dan mutar arah.

Kobaran api yang melalap rumput dan daun kering tersebut menjalar hingga ke pinggir jalan yang dilalui oleh kendaraan yang melintas.

Lahan yang berada tak jauh dari tempat wisata danau buatan tersebut dari informasi yang diramkum Pekanbaru MX sudah terbakar sejak pagi hari. Namun sekira pukul 16.00 WIB api semakin membesar dan akhirnya meluas.

Pantauan Pekanbaru MX di lokasi kebakaran, melihat secara langsung api membakar lahan kosong yang mana tanah tersebut sudah dipagari tembok batu. Namun karena hembusan angin, api menjalar ke pinggir jalan sehingga kendaraan yang melintas tidak bisa lewat.

Namun, sekira pukul 17.00 WIB, 2 unit Damkar yang diturunkan tak sanggup memadamkan kobaran api yang semakin meluas membakar lahan kosong tersebut.

Salah seorang warga yang membantu petugas Damkar saat memadamkan api mengatakan bahwa dirinya tidak mengetahui apakah lahan tersebut dibakar atau terbakar. ‘’Ndak tau saya apakah disengaja atau tidak,’’ ungkapnya.

Tak berapa lama kemudian beberapa unit armada Damkar berdatangan guna memadamkan api dan juga satu unit mobil Damkar milik Chevron turut membantu.

Arus lalulintas kendaraan sempat ditutup oleh petugas pada saat memadamkan api agar tidak terjadi hal hal yang tidak diinginkan. Menjelang malam, dari kejauhan tampak lahan yang terbakar tersebut merah membara.

Kapolsek Rumbai Pesisir Kompol Ardinal melalui Kanit Reskrim Iptu Raja Handayani di lokasi kebakaran mengatakan bahwa lahan yang terbakar terjadi sejak siang dan karena kondisi panas terik serta hembusan angin api semakin membesar. ‘’Kebakarannya sejak siang, namun pada sore hingga malam api membesar,’’ ujarnya.

Lanjut Kanit lagi saat ini tim tengah masih menyelidiki dan mencari pelaku pembakaran lahan tersebut. ‘’Kita masih selidiki penyebab dan pelaku pembakaran lahan tersebut,’’ ujarnya.

Sekira pukul 22.00 wib api dapat dipadamkan oleh petugas gabungan dan diperkirakan lahan yang terbakar tersebut lebih dari 4 hektare. =MX12



Berita Terkait

Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook