LSM IPSPK3-RI Tuding Tidak Transparan

Kejati Diminta Serius Usut Dugaan Korupsi MPP

Minggu, 24 Maret 2019 - 15:35 WIB   [61 Klik]

Kejati Diminta Serius  Usut Dugaan Korupsi MPP


LEMBAGA Swadaya Masyarakat (LSM) Independen Pembawa Suara Pemberantas Korupsi Kolusi Kriminal Ekonomi Republik Indonesia (IPSPK3-RI) menuding Kejaksaan Tinggi (Kejati) Riau tidak transparan dalam menangani laporan dugaan korupsi.

Pasalnya, dari 2018 sampai saat ini, 12 laporan yang telah dilaporkan ke Kejati Riau, tidak ada perkembangannya. Hal ini dikatakan Direktur Eksekutif LSM IPSPK3-RI, Ganda Mora, saat dihubungi Pekanbaru MX, Ahad (24/3).

‘’Kenapa kita menuding seperti itu, dari 2018 sampai sekarang laporan kita itu tidak tahu seperti apa. Ada 12 laporan loh,’’ ucapnya.

Lebih lanjut diterangkannya, banyak dugaan korupsi yang telah dilaporkan ke Kejati Riau, tetapi tidak ada tindaklanjut perkembangannya.

‘’Kalau kita tanya laporan kita itu sudah sampai mana, mereka (Kejati) selalu ngomongnya masih Puldata (pengumpulan data),’’ terangnya.

Terkait dengan laporan terakhirnya, yakni dugaan korupsi dalam proyek pembangunan Mall Pelayanan Publik (MPP) kantor Walikota Pekanbaru, yang mana, diduga tidak sesuai spek dan terjadinya mark-up, pihaknya kembali menunggu tindaklanjut dari Kejati Riau.

‘’Sampai saat ini kita belum tahu perkembangannya sudah sampai mana. Kita lihatlah dulu,’’ tuturnya.

Dijelaskannya, dalam laporan dugaan korupsi itu, terindikasi tidak diawasi oleh Konsultan Pengawas dalam pekerjaan tersebut.

Yang mana, dalam laporannya itu, dialamatkan kepada Sekda Kota Pekanbaru, Plt Kabag Umum dan Perlengkapan Setdako Pekanbaru, KPA, PPK, Direktur Utama (Dirut) PT Angsana Cita Prasarana, Konsultan Pengawas dan Tim PHO.

‘’Dugaan kita ada permainan dalam proyek itu,’’ ungkapnya.

Ditambahkannya, pihaknya berharap agar Kejati Riau secepatnya mengusut dugaan korupsi tersebut.

‘’Harapan kita ya secepatnya lah diusut, jangan ditunda-tunda lagi. Kalau memang serius dalam memberantas korupsi ini, Kejati gandeng saja BPKP, lalu lihat MPP itu seperti apa. Nanti disitu kelihatan kok,’’ jelasnya.

Sementara itu, Kepala Seksi (Kasi) Penerangan Hukum (Penkum) dan Hubungan Masyarakat (Humas) Kejati Riau, Muspidauan SH MH mengaku belum mengetahui laporan tersebut. ‘’Belum tahu, nantilah di cek laporannya,’’ tutupnya. ***



Berita Terkait

Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook